Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terciduk Memadu Kasih di Wisma, Pencari Suaka Ini Diisolasi di Rudenim Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 22-05-2018 | 17:04 WIB
pencari-suaka1.jpg Honda-Batam
Abdul Hakim Faizi (21), pencari suaka asal Afganistan (baju Merah) terciduk dalam kamar penginapan bersama seorang wanita di daerah Bintan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Terciduk memadu kasih di sebuah wisma di Kijang, Abdul Hakim Faizi (21), warga negara asing (WNA) pemenggang kartu pencari suaka dari UNHCR akhirnya dimasukan ke dalam ruangan isolasi Rumah Dentensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang.

"Karena dia tidak mengikuti aturan yang berlaku, kita masukan blok isolasi," ujar Kepala Bidang Penempatan Keamanan Pemulangan dan Deportasi (PKDP) Rudenim Tanjungpinang, Agung Asrawinata, Selasa(22/5/2018).

Agung menyebutkan, terkait dengan sanksi yang dijatuhkan tidak ada jangka waktu berapa lama akan berada dalam ruangan isolasi

"Tidak ada jangka waktunya sampai kapan pencari suaka ini ditempatkan di ruangan isolasi. Ini kewenangan Rudenim," ucapnya.

Menurutnya pencari suaka ini ditempatkan ke dalam ruan isolasi karena berdasarkan penyelidikan dan pemeriksaan dari Polsek Bintan Timur, menyatakan bahwa tidak ditemukan tindak pidana umum sehingga pencari suaka ini diserahkan kepada Rudenim Tanjungpinang.

"Karena tidak ada tindak pidana umum yang dilakukan pencari suaka ini maka diserahkan kepada kami," katanya.

Sebelumnya, Abdul Hakim Faizi (21), warga negara asing (WNA) pemengang kartu pencari suaka dari UNHCR terciduk berduaan dengan seorang wanita di salah satu penginapan, Jalan Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Kabupaten Bintan pada Minggu (20/5/2018) malam.

Pencari suaka asal Afganistan ini terciduk saat Tim Operasi Pekat melakukan razia. Abdul bersama Indah Sujianti (WNI) ditemukan di dalam satu kamar Wisma Nusantara.

Editor: Yudha