Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Remaja Pebalap Liar di Jembatan I Dompak Diamankan Polisi Subuh Tadi
Oleh : Roland Aritonang
Minggu | 20-05-2018 | 14:31 WIB
operasI_balap_liar.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kanit Reskrim Polsek Tanjungpinang Barat Ipda Yustinus Halawa saat menertibkan puluhan anak-anak yang menonton dan melakukan aksi balap liar di Jembatan I Dompak (Foto: Roland)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Tindakan Polres Tanjungpinang yang menertibkan aksi balap liar di Jembatan I Dompak, Sabtu (19/5/2018) kemarin, tak membuat jera para remaja pebalap liar itu melakukan aksinya.

Akasi balap liar itupun malah ditonton oleh ratusan teman-teman mereka yang juga menggunakan sepeda motor. Padahal, aksi balap liar sangat membahayakan diri mereka sendiri maupun keselamatan pengendara lainnya.

Guna menghentikan aksi membahayakan ini, Polsek Tanjungpinang Barat pun menggelar patroli gabungan dengan Sabhara dan Satlantas di sekitar wilayah Jembatan I Dompak, Minggu (20/5/2018) dini hari.

"Yang ditertibkan tadinya ada puluhan remaja yang sedang nongkrong di daerah jembatan. Dan setelah diperiksa, ternyata ada 3 motor yang tidak memiliki surat-surat kendaraannya," ujar Kanit Reskrim Polsek Tanjungpinang Barat Ipda Yustinus Halawa.

Yustinus menjelaskan, dari puluhan remaja yang ditertibkan, tiga anak yang memiliki sepeda motor yang tidak memiliki surat-surat. Selain itu juga tidak menggunakan plat polisi dan kap body tidak terpasang sehingga diduga melakukan aksi balap liar di tempat itu.

"Selebihnya dari pengakuan masing-masing anak itu hanya menonton saja, sehingga hanya diberikan teguran saja untuk segera pulang kerumahnya," katanya

Menurutnya, setelah menertibkan tiga kendaraan ini, pihaknya langsung menyerahkan kepada Satlantas Polres Tanjungpinang guna ditindaklanjuti dan memanggil orangtua dari masing-masing anak tersebut.

Ia juga menghimbau agar masyarakat ikut peduli mengawasi dan menegur anak-anak agar tidak ikut-ikutan balap liar, dan meminta supaya anak-anak usai menjalankan sholat subuh langsung pulang ke rumah.

Dan yang lebih penting lagi, katanya, kepada seluruh orangtua yang memiliki anak untuk dapat mengawasi anaknya setiap saat. "Karena kegiatan ini akan rutin kita lakukan selama bulan puasa demi menciptakan situasi yang kondusif dan aman," pungkasnya.

Editor: Surya