Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota TNI/Polri di Anambas Gelar Operasi Pengamanan Gereja di Tarempa dan Siantan
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 20-05-2018 | 13:32 WIB
torang_gereja_anambas.jpg Honda-Batam
Ipda Torang Hutabarat dari Polres Anambas saat menyampaikan kata sambutan di Gereja GPPS Tarempa, Anambas (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Anggota TNI/Polri gelar operasi pengamanan gereja-gereja di Tarempa, Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pengamanan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ketika ibadah sedang berjalan seperti serangan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

"Kami turut berdukacita atas kejadian yang menimpa gereja-gereja di Surabaya. Kami dari TNI/Polri mempunyai tanggungjawab untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,"ujar Ipda Torang Hutabarat, perwakilan dari Polres Anambas saat menyampaikan kata sambutan di Gereja GPPS Tarempa sembari memastikan ibadah berjalan dengan lancar, Minggu (20/5/2018).

Torang juga meminta dukungan doa dari Gembala Gereja dan Jemaat pada proses pengamanan gereja-gereja di Anambas, seperti yang tertulis dalam Mazmur 127:1b, jikalau bukan Tuhan yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.

"Kami mohon dukungan doa dari Gembala dan Jemaat, khususnya untuk aparat TNI/Polri agar dalam pengamanan ini tetap diberi kesehatan dan semangat yang tinggi. Sehingga masyarakat tetap merasa aman. Kami juga mengimbau kepada Jemaat Gereja tidak mudah terprovokasi, dan jangan membenci pelaku bom bunuh diri di Surabaya. Tetapi mari kita mendoakan bersama,"serunya.

Gembala GPPS Tarempa, Pdt Siswanto mengucapkan rasa terimakasih dari Jemaat Gereja atas pelayanan yang sudah diberikan.

"Kita tidak boleh takut, karena Tuhan beserta kita. Kami ucapkan terimakasih kepada TNI/Polri yang memberikan rasa aman. Kiranya Tuhan yang selalu menyertai pekerjaan TNI/Polri khusunya untuk Indonesia ini," ucapnya.

Secara terpisah, Kapolres Anambas AKBP Junoto mengatakan pengamanan yang dilaksanakan ada 2 sasaran antara lain, Pengamanan ibadah baik di masjid berupa kegiatan Ramadhan dan kegiatan ibadah gereja. serta pengamanan kegiatan masyarakat atau tempat keramaian baik di pasar takjil maupun tempat berkumpul dan transportasi.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah melaksanakan patroli gabungan TNI/POLRI serta Razia penyakit masyarakat dengan sasaran beberapa tempat yang sudah diidentifikasi agar terciptanya kegiatan bulan puasa ini dengan penuh khidmat.

"Pelibatan personil gabungan sebanyak 100 personil dengan melibatkan instansi terkait. Tujuan dari kegiatan tersebut diatas demi terciptanya situasi yang kondusif di wilayah Anambas serta menyemarakkan kegiatan Bulan Ramadhan ini sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah khususnya ibadah ramadhan dgn penuh khusuk dan khikmat,"jelasnya

Editor: Surya