Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rawat Keberagamanan, Sinta Nuriyah Bikin Program Sahur Keliling ke Pelosok Tanah Air
Oleh : Irawan
Minggu | 20-05-2018 | 08:04 WIB
shinta_nuriyah_-3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sinta Nuriyah Wahid, istri mendiang Presiden RI ke -4 KH Abdurahman Wahid (Gus Dur)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sinta Nuriyah Wahid, istri mendiang Presiden RI ke -4 KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) selama ini telah merawat keberagaman selama 19 tahun tanpa henti melalui program 'Sahur Keliling' ke berbagai pelosok tanah air.

Pada bulan Ramadan tahun ini, program Sahur Keliling 2018 telah dimulai pada Jumat (18/5/2018) lalu. yang akan dimulai untuk selama satu bulan penuh. Rangkaian perjalanan panjang tahun ini akan diawali dengan acara buka puasa bersama masyarakat di Bandung, Jawa Barat.

Kemudian akan dilanjutkan ke daerah Timur menyusuri Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogayakarta melalui jalan darat.

Demikian disampaikan penanggung jawab program sahur keliling 2018 yang juga Ketua Umum DPP BARIKADE GUSDUR (Barisan Kader Gus Dur) Priyo Sambadha di Jakarta kemarin.

Setelah itu ke Provinsi Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara, lalu menuju ke berbagai daerah di Jawa Timur, sebelum ditutup di daerah Banten dan Jabodetabek pada H-2 Lebaran. Total daerah yang dikunjungi sekitar 38 titik yang tersebar di 8 Provinsi.

Di Kalimantan Barat selain buka puasa bersama masyarakat di kota Pontianak, Shinta Nuriyah juga akan buka puasa bersama di Masjid Oesman Al Khair di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Masjid yang dibangun indah di atas permukaan laut yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober tahun lalu. Masjid Oesman Al Khair tersebut dibangun oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Panitia daerah sahur keliling terdiri dari berbagai kelompok masyarakat dan lintas agama, seperti Jaringan Gusdurian, NU, ANBTI, Keuskupan Bandung, Matakin (Konghuchu), INTI, PERDUKI, dan komunitas-komunitas sosial masyarakat lainnya.

Sementara itu pesertanya juga datang dari berbagai kelompok masyarakat lintas iman, ras dan suku, terutama kaum dhuafa, yatim piatu dan masyarakat kurang beruntung lainnya.

Program Sahur Keliling yang telah berlangsung rutin setiap tahun selama 19 tahun ini dimaksudkan untuk menyapa masyarakat sekaligus mendorong rasa cinta tanah air dalam semangat kerukunan dan persatuan dalam bingkai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika. NKRI dan UUD 45.

"Kita hanya bersilaturahmi menyapa mereka dengan baik , menanyakan bagaimana puasanya, dan apa yang menjadi kesulitan dalam kehidupannya. Kita banyak mendapatkan masukan, bagaimana kehidupan mereka, bagaimana mereka berjuang untuk mencari sesuap nasi," kata Shinta Nuriyah yang baru-baru saat dinobatkan oleh Majalah TIME sebagai salah seorang dari 100 tokoh paling berpengaruh di dunia.

Semangat persatuan dan persaudaraan di antara anak bangsa juga menjadi hal yang ingin diperkuat oleh Shinta Nuriyah Wahid melalui program Sahur Keliling ini, terlebih lagi dalam situasi dan kondisi tanah air dewasa ini dimana bibit-bibit intoleransi mulai berkembang.

"Intoleransi kian menguat, kerukunan itu digoyang-goyang, negara dan bangsa itu selalu diteror dan sebagainya. Saya merasa bahwa kebhinekaan itu harus diperkuat," tegas Shinta.

"Apa sih ajaran puasa itu, pada ujungnya mempererat tali persaudaraan yang sejati diantara anak bangsa, kan ini sama paralel dengan situasi dan kondisi bangsa, kerukunan NKRI itu harus kita jaga, harus kita bina," pungkasnya.

Editor: Surya