Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakili Batam, Santri PPIT Juara MTQ VII Provinsi Kepri di Lingga
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-05-2018 | 19:28 WIB
Santri-imam-syafii.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Para santri PPIT yang menjadi Juara MTQ VII 2018 di Lingga. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Keluarga Besar Yayasan Islam Al Kahfi Batam, bergembira. Karena para santri Pusat Pendidikan Islam Terpadu (PPIT) Imam Syafi'i Nongsa yang mewakili Batam dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VII tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2018 di Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu menyabet juara.

Demikian disampaikan Ketua Yayasan Islam Al Kahfi Batam, Muhammad Rizal Chery. "MTQ VII Kepulauan Riau dilangsungkan di Desa Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga Provinsi Kepri dan dibuka langsung Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun pada Selasa 8 Mei 2018 dan penutupan Senin 14 Mei 2018 kemarin," ujar Muhammad Rizal Chery dalam siaran pers yang diterima redaksi, Sabtu (19/5/2018) siang.

Disebutkannya, untuk juara II cabang tahfizh (hafalan) 30 juz putra diraih Arfandi Hidayat (kelas XI), juara III cabang tahfizh 30 juz putri diraih Zainab Az Zahra (kelas IX), juara II tafsir bahasa Arab putra diraih Syamil Harianda (kelas XII), dan juara II cabang tafsir bahasa Indonesia putri diraih Kahirunnisa Az Zahra (kelas XII). Keberhasilan semua ini, lanjut Muhammad Rizal Chery berkat doa dan usaha maksimal seluruh santri PPIT Al Kahfi Batam.

Pada even MTQ VII 2018, sedikitnya 256 qari dan qariah yang bertanding. Tujuh kabupaten dan kota dari Kepulauan Riau, seperti Bintan, Natuna, Karimun, Anambas, Batam, Tanjung Pinang, dan Lingga berusaha menampilkan kafilah terbaiknya. Selain itu, jumlah peserta pawai ta'aruf sekitar 1.000 orang. Dalam sambutannya, Gubernur Nurdin Basirun berpesan agar masyarakat bisa membumikan alquran dan tiada hari tanpa membaca alquran.

Di tempat terpisah, Mudir (Direktur) PPIT Imam Syafi'i Nongsa Al Ustaz Ahmad Ridwan LC MA yang sedang berada di Madinah Al Munawwarah Arab Saudi turut bergembira atas prestasi itu. Ia menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Walikota Batam, H. Muhammad Rudi SE MM yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada para santri PPIT Imam Syafi'i mewakili kota Batam dalam ajang MTQ VII 2018 di Kabupaten Lingga.

"Jazakumullahu khairan. Terima kasih Walikota Batam Bapak Muhammad Rudi yang sudah mempercayakan kepada kami sebagai wakil Batam. Kami berharap juga kepada Bapak Gubernur Nurdin Basirun untuk memberikan kepercayaan kepada santri-santri PPIT Imam Syafi'i Nongsa mewakili Kepulauan Riau pada MTQ XXVII Tingkat Nasional mendatang di Medan Sumatera Utara," harap Ahmad Ridwan.

Pada MTQ VII 2018 tingkat Provinsi Kepri juara umum I dimenangkan kafilah Karimun dengan perolehan nilai 131. Sedangkan juara umum II diraih kafilah Batam dengan jumlah nilai 118. Kemudian juara umum III disabet kafilah Lingga selaku tuan dengan perolehan nilai 50. Adapun juara lomba qasidah rebana urutan terbaik I dimenangkan Batam, urutan terbaik II kabupaten Karimun, dan urutan terbaik III diraih Lingga.

Sedangkan dalam perlombaan pawai ta'aruf pada MTQ VII 2018 Provinsi Kepri ini, Kabupaten Lingga merupakan peserta terbaik I dengan jumlah nilai 1.475. Selanjutnya peserta terbaik II diraih Karimun dengan perolehan nilai 1.470, peserta terbaik III diraih Batam dengan jumlah nilai 1.415.

Editor: Dardani