Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat Batu
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-05-2018 | 11:04 WIB
jerawat-batu.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Memiliki jerawat batu atau Nodular Acne di beberapa bagian tubuh sangat mengganggu. Selain secara fisiologis memiliki gejala yang berbeda dengan jerawat biasa, jerawat batu juga harus ditangani secara khusus.

Beberapa ahli dari Mayo Clinic menyarankan, pengobatan dengan bahan alami sebaiknya didahulukan, sebelum mengobati dengan obat-obatan kimiawi. Selain sari apel, bubuk kayu manis dan cuka apel, beberapa naturalist dan dermatologis dari Mayo Clinic menyarankan beberapa pengobatan alami.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat mengurangi keberadaan jerawat batu seperti yang dirangkum dari situs Livestrong.com.

1. Suplemen Zinc

Suplemen zat besi ini berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, Zinc membantu memperbaiki jaringan tisu pada kulit, sehingga membantu kulit menyembuhkan luka.

2. Teatree Oil

Minyak ini membantu tubuh melawan bakteri P.acnes yang terjebak dalam pori-pori dan mencegahnya untuk menginfeksi lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan mencegah infeksi, berarti tubuh sudah terhindar satu langkah dari proses inflamasi, yaitu pembengkakan dan perdarahan di dalam jaringan kulit.

Dengan menghindari proses tersebut, luka tidak akan bertahan terlalu lama dan meninggalkan jejak pada kulit.

3. Buah-buahan

Salah satu cara lain yang digunakan dalam mengurangi pembengkakan pada jerawat batu adalah mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan seperti jeruk, kiwi dan apel adalah sumber antioksidan terbaik untuk mengurangi paparan racun dalam tubuh.

Buah-buahan juga membantu tubuh meningkatkan imunitas untuk melawan infeksi.

4. Mengkonsumsi kunyit

Salah satu bahan alami yang dipercaya memiliki kandungan antibiotik cukup tinggi adalah kunyit. Zat antibiotik yang terdapat dalam tumbuhan apotik hidup ini sudah sejak lama digunakan ahli kesehatan untuk penyembuhan luka.

5. Mengoles bawang putih pada permukaan jerawat batu

Bawang putih juga merupakan bahan alami yang tinggi kandungan antibiotik alaminya. Inflamasi pada jerawat batu yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat dikurangi melalui cairan bawang putih.

Pada awal mengoles bawang putih di permukaan jerawat akan terasa perih. Tetapi lama kelamaan, inflamasi pada jerawat batu akan berkurang.

Begitu pula dengan penebalan yang terjadi di jaringan kulit terdalam dapat dikurangi dengan cairan bawang putih. Sehingga kulit lebih menipis dan dapat menyerap nutrisi lebih baik.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli