Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Deklarasi Akbar Gatot Nurmantyo Jadi Capres setelah Lebaran
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-05-2018 | 09:40 WIB
gatot5.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Relawan Selendang Putih Nusantara resmi mendeklarasikan Gatot Nurmantyo menjadi Calon Presiden. Deklarasi dilakukan dengan seremoni pengalungan selendang putih di Menara Kompas, Jakarta (23/4/2018) Dok. Relawan Selendang Putih Nusantara

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Relawan Selendang Putih Nusantara bakal mendeklarasikan Gatot Nurmantyo sebagai calon presiden 2019 bersama dengan partai politik pendukung dan semua elemen masyarakat yang juga ikut mendukung selepas Idul Fitri 2018.

"Insya Allah nanti akan deklarasi besar bersama partai politik, relawan, ormas, santri, kiai, seniman dan para musisi," ujar Ketua Selendang Putih Rama Yumatha Jumat (18/5/2018). Namun, Rama belum memastikan kapan tanggal pasti dari deklarasi itu.

Rama menyebut sampai saat ini kelompoknya masih mencoba melobi partai-partai politik untuk mendukung bekas Panglima Tentara Nasional Indonesia itu. "Partai sudah ada beberapa yang sudah kasih lampu hijau. Kalau sudah pasti, saya kabari," katanya.

Saat ini, Rama mengatakan relawan tengah menggencarkan sosialisasi ihwal pencapresan Gatot ke seluruh daerah di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memasang spanduk-spanduk di seluruh daerah.

Ia mengatakan sosialisasi juga dilakukan dengan menempelkan stiker ukuran besar di setiap truk lintas Sumatra, Jawa, Bali, dan Lombok. "Kami sudah tempelkan stiker Pak Gatot di 200 truk," ujar Rama. Selanjutnya, ia berencana memperbanyak penempelan stiker ke 2000 truk.

Selain itu, Rama menuturkan relawan juga menyiapkan kegiatan buka puasa bersama dan sahur on the road di seluruh daerah di Indonesia. Sementara itu, ia mengatakan Gatot kini masih bergerak ke pesantren-pesantren untuk mengunjungi kiai serta melakukan kunjungan ke partai.

Sebelumnya, Selendang Putih secara resmi mendeklarasikan Gatot Nurmantyo sebagai capres 2019. Deklarasi itu dilakukan di Jakarta, Senin malam, 23 April 2018 dengan seremoni pemasangan selendang putih. Deklarasi dihadiri oleh Selendang Putih dan Gatot Nurmantyo, tanpa kehadiran partai politik, organisasi pendukung, ataupun awak media.

Rama mengatakan selendang merupakan simbol penghormatan, putih itu suci dan nusantara ialah Indonesia. "Jadi kami memberikan penghormatan suci untuk Indonesia kepada Pak Gatot Nurmantyo menuju RI-1 2019," ucapnya.

Rama menuturkan deklarasi Gatot Nurmantyo sebagai capres pada Senin malam lalu itu dilakukan mendadak dan sifatnya hanya untuk relawan. "Kemarin hanya deklarasi internal kami ke Pak Gatot Nurmantyo dan beliau menerimanya," tuturnya. Ia menjelaskan deklarasi itu dadakan lantaran agenda bekas Kepala Staf Angkatan Darat itu padat.

Sumber: Tempo.co
Editor: Udin