Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program Kemenkes, 5 Puskesmas Perbatasan Bakal Dibangun di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 18-05-2018 | 11:28 WIB
puskesmas-perbatasan-il.jpg Honda-Batam
Ilustrasi - Puskesmas Perbatasan.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan membangun lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkab Anambas, Herianto. "Tahun 2017 lalu Kemenkes sudah menjalankan program pembangunan Puskesmas di Perbatasan, untuk Anambas baru satu yang dibangun yakni Puskesmas Jemaja Timur. Sementara lima Puskesmas lagi masuk pada program tahun 2019 mendatang," kata Herianto, Jumat (18/5/2018).

Mengenai lahan, kata Heri, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kecamatan Siantan Tengah, Siantan Timur, Siantan Selatan, Palmatak dan Jemaja agar menyediakan lahan seluas 0,5 Hektar untuk pembangunan Puskesmas Perbatasan sekaligus dengan perumahan.

"Lima Camat sudah kami temui, untuk penyediaan lahan kami serahkan kepada pihak kecamatan. Untuk bangunannya persis dengan Puskesmas Jemaja Timur. Dan mungkin ada penambahan alat kesehatan untuk mendorong jalannya pelayanan kesehatan," ujar Heri.?

Sementara, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyampaikan program pembangunan Puskesmas Perbatasan oleh Pemerintah Pusat merupakan salah satu bentuk kehadiran pusat di daerah. Menurutnya, partisipasi masyarakat untuk mendukung program tersebut sangat dibutuhkan.

"Partisipasi masyarakat juga akan dinilai oleh Kemenkes. Untuk itu kami berharap kepada masyarakat agar menghibahkan lahan untuk pembangunan Puskesmas Perbatasan ini. Kami juga tekankan kepada Camat agar menyosialisasikan program ini kepada masyarakat, agar pembangunan Puskesmas tidak terhambat," tegasnya.

Editor: Gokli