Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 3.158 Pelajar Kota Tanjungpinang Terima KIP
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 15-05-2018 | 18:40 WIB
berikan-KIP.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pj Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, menyerahkan KIP kepada siswa (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 3.158 pelajar Kota Tanjungpinang di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Selasa (15/5/2018).

Pembagian KIP ini mulai dari jenjang SD sebanyak 2.150 pelajar dan SMP sebanyak 1.008 pelajar. Saat membagikan KIP, Ariza berpesan kepada para pelajar agar menggunakan kartu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk keperluan sekolah.

"Jadi bantuan yang ada ini digunakan untuk beli seragam, buku, tas sekolah dan keperluan lainnya untuk sekolah. Bukan untuk beli pulsa, paket internet atau main ke warnet," tutur Ariza.

Raja Ariza juga berkata, bantuan ini langsung ditransfer ke rekening yang sudah disalurkan melalui BRI dengan bebas biaya administrasi dan tanpa potongan.

"Semua sudah ditransfer, jadi tak perlu khawatir jika dana itu dipotong atau diselewengkan. Dana bantuan ini langsung ditransfer oleh Pemerintah Pusat melalui penyalur dana yaitu Bank BRI. Hari ini akan diberikan kartunya yang bisa digunakan sebagai ATM dan akan diaktivasi oleh pihak bank yang bertugas di sini," terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang, menyampaikan dalam laporannya, besaran dana yang diterima oleh penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) ini cukup besar pada tahun pelajaran 2017-2018.

"Untuk SD kelas 2-6 diberikan dana untuk 2 semester sebesar Rp450.000 dan untuk kelas 1 selama 1 semester sebesar Rp225.000. Sedangkan untuk tingkat SMP kelas 8-9 diberikan dana selama 2 semester Rp750.000 dan kelas 7 selama 1 semester Rp375.000. Semuanya ditransfer melalui rekening Bank BRI," terang Dadang.

Program Indonesia Pintar ini diharapkan mampu menjamin peserta didik yang tidak mampu dalam melanjutkan pendidikan dan melaksanakan proses pendidikan baik dasar maupun menengah.

"Semoga bermanfaat untuk semua dan dipergunakan sebagaimana mestinya," tutur Dadang.

Selama tahun 2015 hingga 2018 ini, pelajar Kota Tanjungpinang yang menerima Kartu Indonesia Pintar untuk tingkat SD sebanyak 5.495 pelajar dan SMP sebanyak 8.951 pelajar.

Dalam acara ini, Raja Ariza berkesempatan memberikan secara simbolis kepada pelajar yang menerima KIP tersebut. Dan dilanjutkan dengan aktivasi KIP oleh Bank BRI Cabang Tanjungpinang.

Editor: Udin