Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Calon Anggota Bawaslu Kepri Capai 25 Orang
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-05-2018 | 08:16 WIB
bawslu.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Sumber foto: kepriprov.go.id)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim seleksi mencatat jumlah peserta seleksi Penambahan Calon Anggota Bawaslu Kepulauan Riau sebanyak 25 orang.

Ketua Tim Seleksi Penambahan Calon Anggota Bawaslu Kepri, Otong Rosadi, yang dihubungi dari Tanjungpinang, Rabu (9/5/2018) mengatakan, jumlah peserta membludak pada hari terakhir pendaftaran.

"Berdasarkan data penerimaan berkas pendaftar Penambahan Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Masa Tugas 2018-2023, terdapat sebanyak 25 Pendaftar dengan komposisi sebagai berikut, satu di antaranya wanita," ujarnya mengutip laman kepriprov.go.id.

Ia mengatakan, usia pendaftar paling rendah 36 tahun dan paling tinggi 61 tahun. Dari 25 pendaftar itu didominasi dari Batam sebanyak 14 orang, Tanjungpinang 7 orang dan Bintan 4 orang.

"Pendidikan pendaftar paling banyak Magister (14 orang) dan Sarjana 10 orang serta seorang Doktor," katanya.

Otong mengatakan, tim seleksi sejak awal sudah memperkirakan jumlah peserta membludak mulai H-1 penutupan pendaftaran hingga hari ini. Batas minimal peserta dalam penerimaan berkas persyaratan Penambahan Calon Anggota Bawaslu Kepri sebanyak 16 orang.

Jika tidak memenuhi target minimal tersebut, tim seleksi telah menyiapkan skenario kedua yakni memperpanjang masa pendafataran.

"Artinya jumlah peserta sudah melewati target minimal sehingga kami tidak memperpanjang jadwal pendaftaran," katanya.

Otong mengemukakan, sejumlah peserta belum melengkapi berkas persyaratan pencalonan. Mereka memiliki waktu hingga 15 Mei 2018 untuk melengkapinya.

"Masing-masing peserta yang persyaratannya belum lengkap sudah diinformasikan," ujarnya.

Tim seleksi akan meneliti persyaratan secara mendalam, dalam beberapa hari ini, sebelum ditetapkan dalam rapat pleno. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan di sejumlah media massa.

Kemudian dibuka tahapan untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat. Peserta yang lulus tes administrasi akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

"Ujian tertulis berbasis komputer dilaksanakan di Batam pada 20 Mei 2018, kemudian dilanjutkan dengan tes psikologi 21-22 Mei 2018 di Batam," katanya.

Sementara tes kesehatan diselenggarakan pada 28-30 Mei 2018, dilanjutkan dengan tes wawancara pada 31 Mei 2018.

Editor: Udin