Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Catat, Pengumuman Kelulusan SMP Tanggal 23 Mei
Oleh : Habibie Khasim
Jum\'at | 11-05-2018 | 18:52 WIB
ujian-SMP.jpg Honda-Batam
Ilustrasi ujian SMP sederajat (Sumber foto: Tribun Kaltim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pengumuman kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Tanjungpinang diagendakan berlangsung 23 Mei mendatang.

Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, telah berkoordinasi dengan seluruh SMP. Rencananya, pengumuman akan dilangsungkan pada pukul 10.00 WIB. Siswa pun diharuskan mengajak wali murid untuk diberikan beberapa informasi dan motivasi.

"Kita sudah sepakat diadakan pada jam 10.00 WIB. Siswa juga diwajibkan mengajak wali murid ke sekolah.
Ini untuk menghindari aksi corat-coret. Dan kami pilih pagi, juga karena pengumuman itu sudah masuk di bulan puasa," tutur Kabid Pendidikan SMP, Disdik Tanjungpinang, Tamrin Dahlan (11/5/2018).

Pencegahan coret-coret seragam sekolah juga dilakukan dengan menyeragamkan para siswanya, untuk mengenakan seragam kurung sekolah. Tamrin juga menjelaskan, kelulusan siswa SMP tahun ini ditentukan pada rapat majelis guru. Namun, itu jika memang dia mengikuti semua rangkaian ujian, baik itu UN dan UASBN sampai tuntas.

"Syarat kelulusan yakni peserta ujian mengikuti seluruh rangkaian UASBN dan UN. Tidak ada kasus yang memberatkan, siswa taat absen dan semua pelajaran tuntas. Jika tidak, maka itu sudah pasti gugur, tanpa harus rapat majelis guru," tutur Tamrin.

Tidak hanya menentukan kelulusan dari nilai ujian. Tamrin menerangkan, nilai akhlak dan moral juga ikut memengaruhi kelulusan peserta ujian tingkat SMP ini.

"Dalam rapat majelis guru nanti, ini yang akan dibahas. Jadi nilai ujian tak serta merta penentu kelulusan. Jika memang rendah, tapi bagus moral dan akhlaknya bisa diluluskan. Tapi kalau tidak ikut ujian, itu yang fatal, otomatis tidak lulus," terangnya.

Tamrin menambahkan, pada UN dan UASBN kemarin, diperkirakan 100 persen siswa Tanjungpinang mengikuti. Hanya memang ada satu orang yang sakit, namun dia telah mengikuti ujian susulan.

Editor: Udin