Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PM Mahathir Hanya Angkat 10 Menteri
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 11-05-2018 | 17:52 WIB
pm-baru-mahathir.jpg Honda-Batam
PM Malaysia Mahathir Mohamad tersenyum ketika ia berbicara saat konferensi pers di Kuala Lumpur, Jumat, (11/5). (Foto: AP Photo/Andy Wong)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Perdana Menteri (PM) Malaysia yang baru dilantik, Mahathir Mohamad, telah mengumumkan bahwa kabinet dalam pemerintah baru yang akan dibentuknya hanya terdiri atas beberapa orang menteri. Ia menyebut pemerintahannya hanya akan memiliki 10 kementerian yang sangat penting. Nama-nama menteri akan diumumkan besok, Sabtu (12/5).

Dia mengatakan, Pakatan Harapan telah memutuskan bahwa kabinet kecil yang terdiri atas sosok penting sudah cukup saat ini. "Kami tidak ingin memiliki kabinet besar, tetapi ada kementerian tertentu yang harus diisi segera," kata Mahathir dalam konferensi pers di Kuala Lumpur hari ini, Jumat (11/5), seperti dilansir laman Malaysiakini.com.

Mahathir menyebut 10 kementerian tersebut adalah Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendidikan, Kementerian Pembangunan Pedesaan, Kementerian Ekonomi, Kementerian Pekerjaan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Teknologi Multimedia dan Sains, serta Kementerian Luar Negeri.

Mahathir mengklarifikasi bahwa urutan kementerian ini tidak berarti satu lebih penting daripada yang lain karena semuanya adalah status yang sama. "Cukup jelas, kementerian tertentu akan memainkan peran yang lebih menonjol," ujarnya.

Dia juga mengatakan, empat partai koalisi di Pakatan Harapan diberikan waktu hari ini untuk membahas kementerian mana yang mereka inginkan serta calon yang diusulkan. "Itu tidak berarti proposal mereka akan diterima semua," katanya.

Mahathir menegaskan bahwa semua pihak di Pakatan Harapan bersatu dan setara, tanpa partai junior atau senior. Oleh karena itu, katanya, semua pihak akan memiliki perwakilan yang sama di kabinet.

Sumber: Republika
Editor: Dardani