Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala Lapas Batam Pastikan Warga Binaan di Bawah Kendali
Oleh : q
Kamis | 10-05-2018 | 15:28 WIB
ka-lapas-btm.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Lapas Kelas IIA Batam, Surianto. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kerusuhan narapidana terorisme di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Selasa (8/5/2018) malam lalu, tidak berdampak pada keamanan di lingkungan Lembaga Pemasyarakat (Lapas) kelas IIA Batam di Jalan Trans Barelang, Tembesi.

Kapala Lapas Batam, Surianto mengatakan, situasi di Lapas Batam saat ini aman dan terkendali, meski warga binaan telah mengetahui insiden di Mako Brimob tersebut.

"Tak ada masalah. Pertama kami tidak punya Napi terorisme, kedua kami sudah punya regulasi dan SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam pengawasan dan mengamankan warga binaan. Sejauh ini aman-aman saja," tegas Surianto, Kamis (10/9/2018).

Surianto mengakui, memang ada kecemasan tersendiri dengan insiden tersebut, sebab warga binaan Lapas Batam sudah over kapasitas. Namun karena petugas Sipir yang sudah terlatih untuk menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada, hingga siang kemarin suasana di Lapas Batam aman terkendali.

"Tak ada penambahan petugas. Petugas masih seperti biasa enam orang dalam satu shift, cuman pengawasan agak ditingkatkan sedikit," ujar Surianto.

Saat ini, warga binaan Lapas Batam berjumlahh 1.269 orang dan petugas masih bisa mengontrol mereka semua. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari daya tampung ideal Lapas yang hanya menampung 400-an warga binaan.

"Memang agak berat juga, tetapi over kapasitas bukan hal yang baru lagi. Petugas di sini sudah kenal betul situasi dalam lapas, jadi mudah mengontrol mereka," katanya.

Dengan keterbatasan petugas itu, sambung Surianto, langkah persuasif dengan warga binaan adalah langkah yang harus diterapkan oleh petugasnya di sana. "Mereka warga binaan, kita dekati dan beri pengarahan secara baik-baik. Mereka tentu merasa nyaman," demikian Kepala Lapas Batam, Surianto.

Editor: Gokli