Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

50 Mahasiswa UMRAH Terima Beasiswa dari Bank Indonesia
Oleh : Habibi
Selasa | 08-05-2018 | 14:40 WIB
bi-umrah1.jpg Honda-Batam
Penyerahan beasiswa Bank Indonesia kepada mahasiswa UMRAH Tanjungpinang. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - 50 orang mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang terpilih sebagai Generasi Baru Indonesia (Genbi) menerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra langsung memberikan bantuan tersebut secara simbolis di Hotel Confort, Tanjungpinang, Selasa (8/5/2018) bersama Rektor UMRAH, Syafsir Aklus.

Para Genbi ini merupakan angkatan ke-4 yang memang langsung dibina oleh Bank Indonesia. Gusti mengaku, tidak hanya mendapatkan beasiswa, para Genbi ini nantinya diberikan bekal berpikir keterampilan dalam berorganisasi serta akan ditunjuk menjadi duta Bank Indonesia. Tugasnya, memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat terkait program-program Bank Indonesia.

"Jadi mereka ini nanti bukan hanya menerima beasiswa, tapi kita berikan pelatihan dan menjadi duta BI untuk mensosialisasikan program yang saat ini akan kita jalankan," tutur Gusti saat ditemui di Hotel Confort.

Terkait para penerima, Gusti mengaku tidak ada yang instan. Semua mahasiswa yang menerima bantuan tersebut merupakan mahasiswa berprestasi dan memiliki kemauan yang tinggi.

"Mereka mengikuti berbagai rangkaian seleksi. Ada sekitar 87 orang yang ikut dan yang kita pilih hanya 50 orang," terang Gusti.

Untuk diketahui, Genbi ini memang program Bank Indonesia di seluruh daerah. Bahkan, nantinya ada penilaian Genbi terbaik tingkat nasional. Untuk itu, Gusti sangat mengharapkan Genbi Provinsi Kepri dapat menjadi pelopor Generasi Baru Indonesia yang berkompeten dan mampu bersaing.

Hanya saja, memang program ini tidak menyentuh perguruan tinggi atau universitas swasta. Hanya dikhususkan untuk mahasiswa yang berkuliah di kampus plat merah saja. "Kita sangat berharap, Genbi Kepri bisa sukses dan menjadi leader di provinsi ini kedepannya," kata Gusti.

Sementara itu, Rektor UMRAH, Syafsir Aklus sangat mengapresiasi pencanangan Genbi ini. Dia pun sedikit memberi usul bahwa mahasiswa yang telah terpilih ini dapat dibentuk karakternya dan keterampilan nya. Sehingga, Genbi mampu menjawab tantangan kedepan, khususnya menjadi mahasiswa yang benar-benar mampu membangun Indonesia.

"Kita berharap demikian, dan kepada mahasiswa kita, kita imbau untuk benar-benar mendalami apa yang diajarkan. Karena program ini sangat bagus," kata Syafsir Aklus.

Editor: Yudha