Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Perpustakaan Kepri Bakal Luncurkan Aplikasi Digital Kacapuri
Oleh : Redaksi
Selasa | 08-05-2018 | 09:16 WIB
perpustakaan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau meluncurkan aplikasi perpustakaan digital yang diberi nama Kacapuri (Sumber foto: Kepri Digital Library)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan pengembang aplikasi PT Woolu Aksara Maya (Aksaramaya) bakal meluncurkan aplikasi perpustakaan digital yang diberi nama Kacapuri (Kepri Digital Library), Sabtu (5/5/2018).

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan memudahkan masyarakat meminjam dan membaca buku tanpa mengunjungi langsung perpustakaan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri Amir Husin di Tanjungpinang, Jum'at (4/5/2018) lalu seperti dilansir dari laman kominfo.kepriprov.go.id.

"Aplikasi perpustakaan digital Kacapuri ini adalah inovasi berbasis tekonologi digital dan bentuk diversifikasi pelayanan perpustakaan," ungkap Amir Husin.

Dengan aplilasi ini, lanjut Amir, masyarakat dapat meminjam dan membaca buku di mana saja dan kapan saja, selama terkoneksi dengan jaringan internet. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Playstore dan ke depannya juga tersedia di App Store.

Berdasarkan dari beberapa laporan, pengguna digital di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun. Survei terakhir dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa pengguna internet pada tahun 2017 mencakup 54,68 persen dari total populasi penduduk Indonesia yang mencapai 262 juta jiwa.

"Tingginya pengguna internet di Indonesia, dipandang sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk membentuk cyber society, khususnya di Kepulauan Riau dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat," ujar Amir.

Peluncuran aplikasi perpustakaan digital Kacapuri sebagai perpustakaan digital disebut sejalan dengan tujuan dan sasaran kerja Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau. Di antaranya menciptakan jasa layanan perpustakaan yang berkualitas, berbasis teknologi informasi, menyediakan koleksi bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Banyak yang salah pengertian dengan nama aplikasi ini dan mengkaitkannya dengan gedung GOR Kacapuri dan ini sama sekali tidak hubungannya. Nama Kacapuri yang kami gunakan merupakan singkatan dari 'Aplikasi Baca Perpustakaan Kepri'," tegas Amir.

Amir juga menerangkan, untuk tahap awal ini, Kacapuri memuat jumlah koleksi sebanyak 2.000 judul buku dari berbagai disiplin ilmu dan Insya Allah akan diresmikan langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau pada acara puncak Gebyar Perpustakaan dan Kearsipan 2018.

Editor: Udin