Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Irup Upacara Gabungan SMP dan SMA di Lingga

Nurdin Tekankan Siswa Lingga Giat Belajar dan Perkuat Ilmu Agama
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 07-05-2018 | 18:28 WIB
jadi-irup.jpg Honda-Batam
Nurdin saat menjadi Inspektur Upacara pada upacara gabungan SMP dan SMA se-Kecamatan Singkep di lapangan SMAN 1 Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (7/5) pagi. Nurdin telah menyiapkan 5 buah sepeda yang kemudian diberikan kepada para siswa yang dapat menjawab pertanyaanya (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengatakan pendidikan dan peningkatakan Sumber Daya Manusia (SDM) masih merupakan elemen penting pembangunan pemerintah Provinsi Kepri.

Apalagi, kata Nurdin, Kepri yang berada di garda terdepan perbatasan negara, menerima beragam pengaruh yang masuk dan yang beraura negatif, sehingga siswa didik dan masyarakat di Kepri perlu pendidikan yang baik sebagai tameng dan pendidikan agama sebagai penangkal.

"Pendidikan formal yang digali di sekolah tidaklah berarti tanpa adanya pendidikan keagamaan. Karena pendidikan tanpa agama layaknya seperti orang yang lumpuh, keduanya harus saling berdampingan," kata Nurdin saat menjadi Inspektur Upacara pada upacara gabungan SMP dan SMA se-Kecamatan Singkep di lapangan SMAN 1 Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (7/5/2018) pagi.



Nurdin menambahkan, pelimpahan wewenang pendidikan Sekolah Menengah Atas ke Pemerintah Provinsi, merupakan upaya pemerintah dalam memfokuskan arah dan peningkatan pendidikan untuk lebih baik lagi.

"Tujuaan utamanya adalah agar siswa didik SMA/SMK lebih berdaya saing dan mampu berkompetensi. Dan hal ini merupakan tujuan pembangunan kita di bidang pendidikan," kata Nurdin.

Pembangunan infrastrukur pendidikan, kata Nurdin, perlu terus diupayakan dan digesa. Kelengkapan fasilitas tersebut dibutuhkan dalam menunjang para pelajar untuk mendapat pendidikan yang maksimal.

"Itu merupakan bentuk keseriusan pemerintah, meningkatkan pendidikan demi masa depan yang cerah," tambah Nurdin lagi.

Kepada para pelajar yang hadir, Nurdin berpesan untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang ada, melewatkan kesempatan mengenyam pendidikan agar tidak menyesal di kemudian hari.

"Kalian lah yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan, maka berilah kontribusi yang maksimal dalam pembangunan ke depan," pesan Nurdin.



Pasukan upacara sendiri terdiri dari pelajar SMAN 1, SMAN 2, SMPN 1, SMPN 3, SMK Mahardikaa, MA Al-Barokah beserta jajaran majelis Guru. Sehabis upacara Gubernur telah menyiapkan 5 buah sepeda yang kemudian diberikan kepada para siswa yang dapat menjawab kuis dari Gubernur.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Anggota DPRD Provinsi Kepri Tawarich, Wakil Bupati Lingga M Nizar, Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Perwakilan FKPD dan OPD beserta tamu undangan lainnya.

Editor: Udin