Anggaran Pendidikan Capai Rp 630 Miliar

Nilai UN 2018 Anjlok, Begini Tanggapan Komisi IV DPRD Kepri
Oleh : Ismail
Jumat | 04-05-2018 | 15:16 WIB
teddy1.jpg honda-batam
Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tahun ini, nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK tahun 2018 anjlok. Yakni, pada angka 50,87 untuk SMA jurusan IPS dan 53,78 jurusan IPA. Sementara, nilai rata-rata untuk SMK pada angka 51,38.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara mengungkapkan, salah satu penyebab anjloknya nilai rata-rata UN Kerpi tahun 2018 ini adalah ketakutan siswa dalam menghadapi UN. Dimana, para siswa masih menganggap UN sebagai momok yang menakutkan, sehingga kurang berkonsentrasi dalam melaksanakan UN. Padahal, menurutnya, kompetensi para siswa di Kepri sangat baik.

"Mereka (siswa) masih menganggap UN menjadi momok. Jadi, ada perasaan takut," katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (4/5/2018).

Ia juga mengakui, dalam waktu kurun waktu empat tahun terakhir nilai rata-rata yang diraih Kepri memang cenderung mengalami penurunan. Kendati demikian, pihaknya bersama Pemprov Kepri melalui Dinas Pendidikan (Disdik) berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaikinya.

Hal itu bahkan terbukti dengan dialokasikannya anggaran pendidikan sebesar Rp 630 miliar atau 23 persen APBD 2018 Kepri. Alokasi tersebut, digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana serta membangun Unit Sekolah Baru (USB) di seluruh Kabupaten/Kota.

Tak hanya itu, pihaknya juga menambahkan kesejahteraan guru dengan meningkatkan tunjangan guru SMA sederajat se Kepri.

"Kami rasa sudah cukup maksimal upaya untuk dunia pendidikan Kepri. Tapi, yaa memang ada beberapa yanh masih harus diperbaiki," katanya

Kendati demikian, lanjut TJA, pihaknya tetap mendorong Disdik Kepri bisa memaksimalkan peran sekolah untuk meningkatkan dengan nilai rata-rata UN 2019 mendatang. Dengan menambah jam pelajaran yang di-UN kan.

Sebagaimana diketahui, perolehan nilai rata-rata UN di Kepri tingkat SMA/sederajat mengalami penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Yakni pada angka, SMA jurusan IPS 51,77 , IPA 55,92 , dan SMK 58,10.

Bahkan, jika dibadingkan tahun 2014 lalu, Kepri pernah memperoleh nilai rata hingga 72,43 untuk SMK, 65,73 SMA jurusan IPS, dan 69,12 jurusan IPA.

Editor: Yudha