Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

OSO Puji Kinerja Wartawan dalam Memperjuangkan DPD RI dan Daerah
Oleh : Irawan
Minggu | 29-04-2018 | 08:04 WIB
oso_puji1.jpg Honda-Batam
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang saat membuka acara Press Gathering DPD RI dengan Wartawan Parlemen di Singkawang, Kalimantan Barat

BATAMTODAY.COM, Singkawang - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan kerjasama para wartawan parlemen yang mendukung kinerja DPD RI. Sehingga DPD sekarang sudah mulai terlihat kinerjanya seperti tercantum dalam revisi UU MD3.

Hal itu disampaikan Ketua DPD RI saat membuka acara Press Gathering DPD RI dengan Wartawan Parlemen di Swiss Bellin Hotel, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar) Sabtu (28/4/2018).

"Kita memang berbeda-beda, tapi ada nilai darii hati nurani yang bisa membedakan antara kebencian dengan keikhlasan. Itu yang saya bangga pada wartawan yang tergabung dalam DPD. Saya berharap tetap konsisten menjaga," kata OSO.

Menurut OSO, kehadiran para par wartawan setiap saat diperlukan untuk memberikan informasi ke masyarakat, khususnya warga masyarakat yang berada di daerah, sangat membutuhkan jasa para wartawan.

"Dulu, di pelosok Singkawang ini koran saja tak masuk, apalagi televisi, jadi secara otomatis informasi yang mereka dapat sangat terbatas. Namun saat ini, alhamdulillah, seiring perkembangan zaman, dan berkat inovasi media, akhirnya, warga di pelosokpun bisa membaca berita, mendapat informasi melalui media massa khusunya online," katanya.

OSO meminta wartawan memberikan informasi-informasi yang akurat, dan tanpa hoax. Sebab, tulisannya sangat diperaya masyarakat, sehingga wartawan tidak memberikan berita bohong atau hoax

"Karena wartawan itu sangat dipercaya masyarakat. Berita bohong saja mereka kadang percaya dengan tulisan wartawan. Jadi kita minta jadilah wartawan yang benar dan buatlah informasi yang mendidik, serta terpercaya," katanya.

Ketua DPD RI juga berharap agar wartawan diharapkan bisa berkontribusi bagi daerah dengan mengangkat potensi daerah seperti potensi ekonomi, pariwaisata di Singkawang.

"Jumlah wartawan antara pusat dan daerah ini tak seimbang, banyak yanh dipusat, untuk itu bantulah orang-orang daerah. Kebetulan kita hari ini di Singkawang, tolong juga angkat potensi potensi yang ada baik ekonomi, pariwisata dan lainnya," katanya.

OSO menegaskan, majunya bangsa Indonesia, juga tergantung dengan makmurnya daerah. "Jika daerah makmur, secara otomatis bangsa Indonesia juga maju. Inilah tugas para teman-teman wartawan untuk mengeksplorasi dan mengangkat keberhasilan, capaian, maupun kekurangan yang ada di daerah," pungkasnya

Sementara itu, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan meminta kepada para wartawan yang turut hadir dalam rombongan untuk mempromosikan Kota Singkawang. Singkawang merupakan kota terbesar kedua di Kalimantan Barat. Luas wilayahnya hampir 5 kali dari Kota Pontianak dengan jumlah penduduk sekitar 250 ribu jiwa.

Kota Singkawang juga merupakan kota yang sangat plural dan heterogen. Ini sudah dibuktikan, Kota Singkawang adalah kota tertoleransi di Indonesia dari 500 lebih kabupaten kota. "Kami menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan gotong rotong dan nilai toleransi," katanya.

Kota Singkawang juga dianugrahi oleh Tuhan alam yang indah. Ada pantai, danau, gunung dan lainnya.

Hadir dalam kegiatan Ketua DPD RI yang berasal dari Dapil Kalbar, Oesman Sapta Odang. Anggota DPD RI, Wakil Ketua MPR Darmayanti Lubis, Anggota DPD Maria Goreti, Anggota DPD RI Tellie Gozelie, Anggota DPD Mervin Sadipun Komber dan lain-lain.

Editor: Surya