Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Sertifikasi SKKNI Bidang Informatika Bagi AKM Kepr

Arif Fadillah Harapkan Generasi Muda Manfaatkan Tehnologi
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 25-04-2018 | 08:28 WIB
sekda-hadiri-setifikasi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sekda Kepri, TS Arif Fadillah saat membuka acara kegiatan SKKNI bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda di Tanjungpinang, Selasa (24/4/2018) (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, mengatakan letak geografis Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga merupakan suatu keuntungan sekaligus tantangan bagi Angkatan Kerja Muda (AKM) di Kepri.

Disebut tantangan, karena kedekatan Kepri dengan negera-negara tetangga tersebut, memaksa anak muda untuk berupaya agar tidak ketinggalan dalam pengetahuan dan teknologi.

"Generasi muda Kepri harus paham teknologi, karena tehnologi memang sangat berperan penting dalam perubahan, jika tidak maka kita akan semakin tertinggal," ujar Arif saat membuka acara kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda di Tanjungpinang, Selasa (24/4/2018).



Bidang teknologi informasi dan komunikasi, menurut Arif, saat ini sesuatu yang tidak terpisahkan bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Peran teknologi sangat terasa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kini, banyak potensi lapangan kerja yang sangat luas baik di sektor pemerintah maupun swasta.

Sama seperti dalam mewujudkan Good Governance, menurut Arif teknologi memiliki peran yang sangat penting. Sebagai contoh di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri, sekarang telah diterapkan e-Government yang siap mendukung kinerja pemerintahan.

"Dengan adanya e-gov akan menjamin transparansi, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraaan pemerintahan. Ini adalah bukti teknologi itu penting bagi semua," ucapnya.

Oleh karena itu, Arif berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika dengan sungguh-sungguh serta dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat diperoleh manfaat yang optimal dan bermanfaat.

Terlebih dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas dari para peserta sertifikasi nasional berbasis SKKNI bidang informatika untuk angkatan kerja muda.

"Selamat mengikuti kegiatan sertifikasi ini, semoga apa yang dipelajari bermanfaat bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi masyarakat bangsa dan negara," kata Arif.

Sementara itu Kepala Pusbang Litbang SDM Informatika Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hedi M Idris, mengatakan kegiatan pelatihan SKKNI Bidang Informatika akan memenuhi kebutuhan keahlian SDM Bidang TIK.

"Acara ini dilakukan untuk memenuhi permintaan SDM dengan keahlian TIK yang cukup tinggi, terutama dengan adanya MEA yang merupakan permulaan dari tantangan di lingkup persaingan global yang lebih tajam," katanya.



Hedi mengatakan, saat ini seleksi penerimaan pekerjaan semakin ketat. Sehingga sertifikasi menjadi dibutuhkan pada saat melamar pekerjaan, sebagai standar penerimaan atas dasar kompetensi kerja seseorang.

"Dengan pelatihan SKKNI, diharapkan tingkat kompetensi SDM bisa semakin baik. tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh Pemerintah Pusat, namun juga membutuhkan partisipasi dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah," harap Hedi.

Editor: Udin