Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Minta Negara Beri Perhatian dan Sejahterakan Daerah Perbatasan
Oleh : Irawan
Senin | 23-04-2018 | 18:05 WIB
oso_hadi-Bamsoet1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Panglima TNI Hadi Tjahjanto kunjungi Natuna didampingi Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, dan Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjnardi

BATAMTODAY.COM, Natuna - Ketua DPD RI Oesman Sapta melakukan kunjungan kerja bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, daerah perbatasan dan terdepan Indonesia, Senin (23/4/2018).

Kunjungan kerja ini dalam rangka memantau pembangunan kekuatan TNI di Pulau Natuna. Setelah mendarat di Pulau Natuna, rombongan Panglima TNI, Ketua DPD RI dan Ketua DPR RI, langsung terbang menuju Pulau Sekatung.

Dalam pertemuan dengan masyarakat dan prajurit yang bertugas di perbatasan tersebut, Panglima TNI menekankan perlu untuk saling bahu-membahu antara masyarakat dan personil TNI penjaga perbatasan.

Sementara Ketua DPD Oesman Sapta menekankan perlunya pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

"DPD sebagai lembaga yang mewakili daerah telah mengajukan RUU daerah untuk memajukan dan menyejahtwrakan daerah. Tidak mungkin negara sejahtera apabila daerah-daerah tidak sejahtera. DPD akan memberikan perhatian bagi pembangunan daerah perbatasan dan terdepan," kata OSO.

Dari Pulau Sekatung, selanjutnya Ketua DPD RI melanjutkan mengunjungi pulau datuk dengan menggunakan heli MI 17. Di Pulau datuk ini, rombongan menuju ke Rai Armed yang merupakan markas tempat penyimpanan berbagai jenis senjata.

Selanjutnya rombongan dengan menggunakan bus menuju lokasi sarana prasarana Radar Weibel, dimana di lokasi ini akan didirikan radar udara, radar permukaan dan ling range camera untuk memonitor semua pergerakan pesawat dan kapal yang melintas di perairan Indonesia.

Kunjungan rombongan selanjutnya meninjau Yon Komposit TNI AD di Sepempang dan bersilaturahmi dengan para prajurit TNI dan Polri yang bertugas disana. Dalam arahannya panglima TNI meminta agar semua unsur penjaga keamanan selalu kompak dalam bertugas, silaturahmi diakhiri dengan makan siang bersama.

Dalam kunjungan selanjutnya rombongan meninjau fasilitas pelabuhan TNI AL di Selat Lampa. Di lokasi ini rombongan meninjau pembangunan dermaga yang sudah 100 % beroperasi.

Sarana pelabuhan yang ada mencakup dermaga kapal atas air, dermaga beaching, ponton kapal selam. Pada akhir kunjungan rombongan meninjau hanggar integratif, Rumah Sakit Integratif dan mess Integratif.

Dari keseluruhan kunjungan tampak antusias yang tinggi dan kesungguhan Ketua DPD RI dan Ketua DPR RI menyimak semua penjelasan dari masing-masing Dandenma, Askomlek, Waasols Panglima TNI di hadapan Panglima TNI.

Editor: Surya