Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPUPR-PKP Lingga Diminta Siapkan DED Embung Pengairan Sawah Desa Resang
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 23-04-2018 | 15:16 WIB
embung1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI, Ir. Pending Dadih Permana, saat melakukan kunjungan kerja ke Lingga, Rabu (18/4/2018) lalu. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Kabupaten Lingga diminta menyiapkan Detail Engineering Design (DED) embung untuk pengairan sawah di Desa Resang, Kecamatan Singkep Barat.

Permintaan ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan RI, Ir. Pending Dadih Permana, saat melakukan kunjungan kerja ke Lingga, Rabu (18/4/2018) lalu. Karena dalam tahun mendatang Kementerian Pertanian RI berencana akan membangun embung di sawah tersebut sebagai tempat irigasi pengairannya.

"Cetak sawah masih diperlukan di Lingga meskipun selama ini kita ketahui masih ada kekurangan, khususnya penyediaan irigasi dan alsintan," kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Said Nursyahdu melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Syarifuddin mengatakan pihaknya akan segera membuat DED pembangunan embung itu. Paling tidak diusahakan pada APBD-P 2018

"DED nya tahun ini, kami akan menyiapkan di APBD-P. Sehingga Kementan bisa melaksanakan di tahun depan," katanya kepada BATAMTODAY, Senin (23/4/2018).

"Jadi tindak lanjut dari pembangunan ini, Dirjen nantinya akan menurunkan tim teknis. Awalnya Tim teknis untuk memeta percetakan sawah, jadi karena di Resang sawahnya kurang maksimal, mereka juga diminta langsung untuk menangani pembangunan embungnya," ujarnya.

Sebagaimana untuk diketahui, dipilihnya Desa Resang sebagai lokasi pembangunan embung tersebut, karena pengairan di percetakan yang ada belum maksimal dan kerap kali terjadi kekeringan maupun kebanjiran. Sehingga, dengan dibangunnya embung ini nantinya dapat meminimalisir permasalahan itu.

Kemudian selain itu, kunjungan dari Dirjen PSP Kementan RI untuk memastikan penambahan program cetak sawah, seluas 2.000 hektare di Kabupaten Lingga agar berjalan sesuai dengan kebutuhan setempat. Nanti anggaran cetak sawahnya masuk dalam DIPA ke - 2 lingkup Ditjen PSP dengan nomor surat S-626/AG/2018 yang terbit pada tanggal 9 April 2018.

Editor: Yudha