Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 4 Manfaat Mengonsumsi Vitamin C Bagi Tubuh
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-04-2018 | 15:28 WIB
vit-c1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh yakni vitamin C. Karena vitamin C punya banyak manfaat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C larut biasanya ditemukan pada buah dan sayuran seperti jeruk, stroberi, paprika, kale, dan juga bayam.

Biasanya asupan harian yang dianjurkan untuk vitamin yang satu ini yakni sebanyak 75 mg untuk perempuan dan 90 mg untuk pria. Meski banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk mendapatkan vitamin C dari makanan, tapi kebanyakan orang justru memilih suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C mereka.

Suplemen vitamin C juga memiliki beragam manfaat, seperti berikut ini.

1. Antioksidannya bisa mengurangi risiko penyakit kronis
Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bisa memperkuat pertahanan alami tubuh kita. Antioksidan merupakan molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Disaat radikal bebas terakumulasi, mereka bisa memberikan keadaan yaang dikenal sebagai stres oksidatif, di aman telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis.

Studi menunjukkan jika mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30 persen. Ini akan membantu kekebalan tubuh melawan peradangan.

2. Melawan tekanan darah tinggi
Kondisi ini menempatkan kita pada risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian secara global.

Penelitian telah menunjukkan jika vitamin C bisa membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki dan tanpa tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan jika mengonsumsi uplemen vitamin C membantu mengendurkan pembuluh jantung yang akan mengurangi tingkat tekanan darah.

Pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi yang ada, suplemen vitamin C mengurangi tekanan darah sistolik hingga 4,85 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 1,67mmHg biasanya. Meski hasil ini menjanjikan, tapi tidak jelas apakah efeknya jangka panjang.

Selain itu orang dengan tekanan darah tiggi tidak boleh bergantung pada vitamin C saja tapi juga diimbangi dengan pengobatan.

3. Mencegah kekurangan zat besi
Zat besi merupakan nutrisi penting yang memiliki berbagai fungsi dalam tubuh. Sangat penting untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Menariknya, suplemen vitamin C bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.
Vitamin V membantu dalam mengubah besi yang kurang diserap, seperti sumber zat besi berbasis tanaman menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

4. Melindungi memori otak
Gejala ingatan yang buruk dan pemikiran yang tidak fokus disebut dengan istilah demensia. Penyakit ini mempengaruhi lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia dan biasanya terjadi di kalangan orang dewasa yang lebih tua.

Studi menunjukkan jika stres oksidatif dan peradangan dekat otak, tulang belakang, dan saraf dapat meningkatkan risiko demensia.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha