Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belasan Gajah Liar Rusak Rumah Warga Lampung
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-04-2018 | 12:17 WIB
gajah1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Polisi dan warga melihat dapur rumah yang dirusak kawanan gajah liar. (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

BATAMTODAY.COM, Lampung - Belasan gajah liar masuk ke permukiman warga di Pekon (Kampung) Gunungdoh, Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, dan merusak rumah warga, Sabtu (21/4/2018).

Sejumlah warga menyebut belasan gajah liar itu masuk ke kampung sejak sebulan silam. Warga mengeluh karena belum ada reaksi dari pemerintah Tanggamus tentang persoalan gajah liar itu.

"Sedikitnya 12 gajah liar itu setidaknya sudah sebulan berpindah-pindah masuk ke permukiman warga di sekitar sini. Sekarang masuk ke permukiman di Blok 6 Pekon Gunungdoh, Kecamatan Bandar Negeri Semong," kata seorang warga, Riswan.

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada korban akibat gajah-gajah tersebut. Namun gangguan gajah liar itu menimbulkan trauma dan berdampak pada aktivitas warga. Mereka khawatir menjadi sasaran serangan gajah liar itu. "Sampai saat ini belum ada tindakan dari aparat yang berwenang," katanya.

Belum diperoleh konfirmasi dari pihak berwenang di Pemerintah Kabupaten Tanggamus maupun pihak Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) terkait gangguan gajah liar itu maupun penanganannya.

Sejumlah warga dan para aktivis lingkungan di Lampung berharap para pihak dapat segera mengatasi ancaman konflik gajah dengan manusia tersebut.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha