Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SPAM Tambelan Segera Beroperasi, Mampu Mengaliri Air ke 100 Rumah Warga
Oleh : Harjo
Jumat | 20-04-2018 | 16:16 WIB
spam-tambelan1.jpg Honda-Batam
SPAM di Kecamatan Tambelan Bintan segera beroperasi. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tambelan - Pembangunan Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) di Kecamatan Tambelan sudah siap dioperasikan, bahkan sudah dilakukan uji coba untuk memenuhi kebutuhan air gedung adat Kecamatan Tambelan, Bintan.

Demikian disampaikan oleh Juni Rianto kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bintan, kepada BATAMTODAY.COM di Tambelan, Jumat (20/4/2018).

Pembangunan SPAM dengan total aanggaran dari APBN sekitar Rp 6 miliar yang dikerjakan dia tahap pada tahun 2013 dan 2017. Sudah selesai pembangunannya, termasuk pemasangan jaringan utamanya atau hanya menunggu pemasangan jaringan ke rumah warga Tambelan.

"PUPR Bintan, sudah melakukan komisioning dengan satker kelembangaan terkait rencana pengoperasin SPAM di Tambelan. Uji coba pertama sudah dilakukan dengan mengalirkan air ke gedung adat Tembelan, untuk memenuhi kebutuhan air," ungkap Juni Rianto.

Terkait keberadaan SPAM Tambelan, bersama Satker kelembangaan, sudah menyiapkan lima ornag selaku pengelola dari masyarakat setempat,selanjutnya akan dilakukan sosialisasi dari Satker terkait penentuan harganya untuk masyarakat.

Dari sisi lain untuk sumber air yang dikelola oleh SPAM Tambelan, berasal dari dua sumber diantarnya bersumber dari air gunung bini dan kolam memgunakan solar sell tidak mengunakan batrei, artinya saat hujan menggunakan sumber dari Gunung Bini dan sebaliknya saat musim kemarau mengambil air dari kolam.

Ada pun kafasitas tampungan SPAM mencapai 200 ton, dengan kecepatan air 5 liter perdetik. Sementara akan dialirkan untuk 100 pelanggan atau rumah warga, sesuai dengan program dari PUPR Bintan.

"Melihat dari besarnya tampungan, dan saat disalurkan ke pelanggan sebanyak 100 pelanggan. Diperkirakan bisa memnuhi kebutuhan aor bagi rumah tangga selama tiga hari. Namun targetnya keberadaab SPAM Tambelan jangka panjang akan memenuhi kebutuhan air untuk 800 rumah tangga," ujarnya.

Editor: Yudha