Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wabup Anambas Harapkan 49 Peserta Seleksi Beasiswa Afirmasi Mampu Bersaing
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 18-04-2018 | 08:34 WIB
wabub-anambas2.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra saat memberikan menyampaikan arahannya kepada para peserta seleksi beasiswa afirmasi 3T. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berharap putra-putri daerah mampu bersaing dengan daerah lain dalam memperebutkan beasiswa afirmasi daerah terdepan terluar dan tertinggal (3T).

Demikian ungkap Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra kepada 49 peserta seleksi. "Kami berharap putra-putri daerah ini bisa memberikan yang terbaik bagi daerah. Kalian ini merupakan generasi penerus bangsa dan daerah. Kelak, kalian yang menjadi pemimpin,"ucap Wan Zuhendra, saat memberikan kata sambutan, Selasa (17/4/2018) di gedung sekolah Madrasah Aliah (MA) Tarempa.

Wan juga berpesan agar mereka tenang dan fokus saat mengisi lembar jawaban atas soal yang diberikan. "Jangan merasa terbebani, cukup tenang dan berdoa," pesannya.

Sementara itu, seorang pegawai Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Anambas Saharuddin mengungkapkan, peserta seleksi beasiswa merupakan lulusan terbaik Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang berada di Anambas.

"Kuota untuk Anambas sebanyak 16 orang dan ini merupakan peserta terbaik. Sementara yang ikut seleksi sebanyak 49 orang dari seluruh SLTA di Anambas," paparnya.

Sahar menerangkan, yang lolos seleksi nantinya akan diberi kebebasan memilih universitas negeri di Indonesia. "Yang lolos akan diberikan kebebasan memilih. Untuk biaya kuliah dibiayai oleh Kementerian Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi (kemenrisetdikti) dan biaya hidup Rp 1 juta perbulan," paparnya.

Para peserta seleksi beasiswa afirmasi 3T oleh Kemenrisetdikti di Anambas terdiri dari 9 orang siswa SMAN 1 Siantan, 5 orang siswa SMAN 1 Siantan Timur, 8 orang siswa SMA N1 Palmatak, 7 orang siswa SMA N1 Jemaja, 5 orang siswa SMK N1 Anambas, 4 siswa MA Tarempa, 3 siswa SMK N2 Anambas, 3 siswa SMK N3 Anambas, 1 siswa SMA DKP DKI Jakarta serta 1 siswa SMA N5 Tanjungpinang.

"Kenapa ada peserta tamatan luar daerah, karena sah-sah saja. Syaratnya minimal orang tua siswa masih berdomisili di Anambas dikuatkan dengan fotokopi KTP orang tua

Editor: Dardani