Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sosialisasi Empat Pilar di HKI Kavling Lama

Generasi Muda Diminta Implementasikan Nilai Pancasila dalam Sendi Kehidupan
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 17-04-2018 | 17:34 WIB
empat-pilar11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota MPR/DPD RI Djasarmen Purba sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara di Gereja HKI Kavling Lama Sagulung. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota MPR/DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau, Djasarmen Purba memberi pemahaman Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di Gedung Gereja HKI Kavling Lama, Kecamatan Sagulung Kota Batam, Minggu (15/4/2018).

Sosialisasi bersama dengan generasi muda HKI Kavling Lama tersebut dihadiri pimpinan majelis, pengurus dan anggota Sie Pemuda.

Pada awal pembuka acara, senator dapil provinsi kepulauan riau yang akrab dengan moto 'Hidup adalah Ibdah (HAI)' ini, menegaskan bahwa sejak awal berdasarkan sejarah dan antropologi budaya, bangsa Indonesi, kaum atau golongan pergerakan pemudanya merupakan pelopor dan lokomotif pergerakan kebangsaan, bahkan mereka terbilang kumpulan kesatria dan patriot.

Sehingga, Bangsa Indonesia pasti utuh dan tidak mungkin terpecah-pecah selama para pemudanya mengamalkan Pancasila.

"Pemuda harus bersama-sama mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam sendi kehidupan, sehingga generasi muda ikut berperan dalam menjaga ke-Bhinneka Tunggal Ika-an serta persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Djasarmen.

Djasarmen juga menyampaikan, pemuda harus mawas dan jauh dari berbagai hal yang merupakan benih-benih intoleransi yang sudah mulai dirasakan dan yang pasti didesain oleh pihak tertentu. Intoleransi merupakan cara untuk memecah belah Indonesia guna menguasai sumber daya alam yang melimpah.

"Inilah yang sekarang dihadapi bangsa Indonesia. Pemuda ada menjadi garda terdepan untuk menolak semua itu," imbuhnya.

Diakhir acara, Djasarmen Purba mengapresiasi antusiasme dan kekompakan pemuda pemudi gereja HKI Kavling lama dalam kerangka kegiatan sosialisasi tersebut. Mengingatkan betapa besarnya bangsa Indoensia, bangsa Indonesia yang jumlah penduduknya besar, negara kepulauan terbesar dengan 17 ribu Pulau, 34 Provinsi, 714 suku dan 1.100 bahasa lokal.

Editor: Yudha