PKP

Kasus DBD di Karimun Mengalami Penurunan
Oleh : Wandy
Selasa | 17-04-2018 | 11:16 WIB
kadinkes-karimun-1.jpg honda-batam
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Selama tiga tahun terakhir kasus Demam Berdasar Dengue (DBD) di Kabupaten Karimun mengalami penurunan yang cukup signifikan, sesuai data yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan, pada tahun 2016 untuk kasus DBD mencapai 424, dan untuk tahun 2017 sekitar 71 kasus dan triwulan I di 2018 ini hanya 20 kasus DBD.

"Kasus DBD pada 2016 lalu cukup tinggi, dan alhamdulillah sampai saat ini kasus tersebut terus menurun angkanya dari tahun 2017 dan 2018 ini," kata Rachmadi, Selasa (17/4/2018).

Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada dan jangan lengah, sebab penyakit tersebut bisa datang kapan saja.

"Bila ditemukan adanya tanda-tanda demam berdarah, jangan menganggap itu demam biasa. Pasalnya kita sering menemukan kejadian kasus tersebut hingga meninggal dunia, karena orang menganggap tidak ada peninggakatan kasus. Untuk itu kita harus tetap waspada," katanya.

Upaya yang dilakukan Dinkes Karimun menekan penularan DBD seperti, melakukan fogging dua siklus dan apabila jika di suatu daerah ada yang terindikasi DBD makan daerah tersebut langsung di fogging agar mecegah orang lain agar tidak terkena DBD.

Editor: Gokli