PKP

UN Tahun 2018 Ini, 10 SMP di Bintan Gunakan Sistem UNBK
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 16-04-2018 | 18:28 WIB
kadisdik-bintan-tamsir.jpg honda-batam
Kadisdik Bintan, Tamsir (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Untuk tahun 2018 ini, sebanyak 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bintan, sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan 31 lagi, masih Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir, menyampaikan bahwa pada 23-26 April mendatang, siswa tingkat SMPN/MTs se-Bintan bakal melaksanakan UNBK/ UNKP.

"Dari jumlah sekolah yang ada di Bintan, sebanyak 10 sekolah sudah melaksanakakn dengan sistem UNBK. Sedangkan 31 masih menggunakan UNKP," beber Tamsir saat ditemui di Kijang, Senin (16/4/2018).

Angka yang mengikuti UNBK tahun ini, meningkat dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2017 hanya 5 sekolah, kini sudah meningkat menjadi 10 sekolah. "Tahun ini jadi 10, meningkat dari tahun sebelumya," kata Tamsir.

Meski seharusnya Ujian Nasional sudah harus berbasis komputer (UNBK), namun tidak semua sekolah, bisa menerapkan sistem tersebut.

Di Bintan, sebanyak 31 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Bintan belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan sekolah yang bisa melaksanakan UNBK hanya 10 sekolah.

"Alasan utama sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK, tak lain karena sekolah tersebut tidak memiliki komputer dan jaringan internet yang memadai," tutur Tamsir.

Editor: Udin