PKP

Rasakan Nikmatnya Soup Tulang Bakar di Waroeng Roemah Oesmana Nagoya Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Senin | 16-04-2018 | 18:16 WIB
soup-tulang-bakar.jpg honda-batam
BATAMTODAY.COM, Batam - Waroeng Roemah Oesmana (Radja Martabak) di Jalan Pembangunan Perum Batam Park A9 Windsor Nagoya, punya menu spesial yang unik yakni 'Soup Tulang Sapi Bakar' (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Waroeng Roemah Oesmana (Radja Martabak) di Jalan Pembangunan Perum Batam Park A9 Windsor Nagoya, punya menu spesial yang unik yakni 'Soup Tulang Sapi Bakar'.

Tulang sapi mempunyai sensasi tersendiri saat dimakan. Walaupun tidak mempunyai daging yang terlalu banyak, namun sumsum tulang punggung mempunyai kenikmatan tersendiri dalam sebuah hidangan makanan.

Pemilik Waroeng Roemah Oesmana (Radja Martabak), Yasmin Syahrini, menjelaskan 'Soup Tulang Sapi Bakar' diambil dari tulang punggung sapi, rasanya tidak hanya lezat disop saja, namun juga terasa lezat saat dibakar dengan beragam jenis bumbunya. Tulang sapi bakar tentu perlu banyak rempah-rempah, agar semakin nikmat saat dikunyah.

"Tulang punggung berbeda dari tulang iga, jadi lebih banyak tulangnya. Tapi ada juga daging dan sumsumnya. Dibuat tidak terlalu pedas agar saat dimakan lebih enak," katanya, Senin (16/4/2018).



'Sop Tulang Bakar' didapat dari tulang sapi yang direbus terlebih dahulu untuk mengeluarkan kaldunya. Setelah kaldu ke luar, barulah tulang dibakar dengan bumbu bakar yang khas dan kaya rempah-rempah.

Dalam hidangan sopnya, Anda bisa menambahkan kacang merah, wortel dan kentang. Wortel dan kentang dalam sop dibuat sedikit juicy, agar lebih gurih dan lebih terasa wortel dan kentangnya. Bahkan, agar lebih terasa segar, bisa kamu tambahkan perasan jeruk dan sambal cabai rawit.

"Dinikmati bersama dengan nasi hangat, sop yang hangat dan tulang bakar yang hangat itu akan menggugah selera Anda. Rebusan tulang sampai ke luar kaldunya akan terasa sampai ke dagingnya," ujar.

Untuk sajian special ini, per porsi dibanderol Rp35.000. Sedangkan untuk sop tulang Rp30.000,-. Bagi costumer yang penasaran, buruan rasakan sensasi rasanya. Kapasitas pun bisa mencapai 50 orang.



Resep Sop Tulang Bakar

Bahan Sop:
10 bawang merah
8 siung bawang putih
1/2 sdm merica bubuk
1 buah kapulaga
2 buah kayu manis
2 buah bunga lawang
5 buah cengkeh
1 batang serai
2 lembar daun jeruk
Air kaldu rebusan daging

Bahan tulang bakar:
1 kg tulang sapi
10 bawang merah
8 bawang putih
1 ruas jari jahe
1/2 sdm lada hitam
Asam jawa secukupnya
Gula secukupnya
Garam secukupnya



Cara Pembuatan:
1. Rebus air dengan tulang sapi sampai mendidih dan ke luar kaldu
2. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Masukan ke dalam kuah
3. Masukan kapulaga, cengkeh, kayu manis, bunga lawang, serai dan daun jeruk
4. Aduk rata, masukan kentang, dan wortel sesuai selera. Berikan garam dan gula secukupnya
5. Haluskan bumbu bakar
6. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukan air asam jawa, garam dan gula. Aduk rata hingga bumbu mengental
7. Masukan tulang yang sudah direbus. Aduk rata
8. Bakar tulang hingga sedikit mengering
9. Hidangkan tulang bersama sop dan nasi hangat

Editor: Udin