PKP

Banyak Anggota DPRD Kepri 'Bolos' Sidang Paripurna, Ini Penjelasan Ketua BK
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 16-04-2018 | 15:16 WIB
bangku-kosong-dprd1.jpg honda-batam
Sejumlah kursi anggota DPRD kosong saat sidang paripurna DPRD Kepri. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketidakhadiran sejumlah unsur pimpinan, ketua fraksi, dan anggota DPRD Kepri pada sidang paripurna pandangan fraksi atas Ranperda Barang Milik Daerah pada Senin (16/4/2018) jadi perhatian Badan Kehormatan (BK) DPRD Keori. Meskipun ternyata Ketua BK sendiri tidak hadir dengan alasan sakit.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kepri Sahmadin Sinaga yang dikonfirmasi BATAMTODAY.COM melalui sambungan telepon mengatakan, banyaknya anggota DPRD Kepri yang tidak hadir harus dilihat dari alasan yang bersangkutan, terkecuali sedang sakit. Tetapi jika karena kegiatan lain di luar, tidak boleh dijadikan alasan.

"Saya juga memang tidak hadir karena sedang sakit dan tak enak badan. Selain itu tadi pagi di Batam juga hujan. Untuk teman-Teman DPRD yang lain, saya belum tahu. Nanti dilihat dululah," ujar Sahmadin.

Sahmadin juga mengatakan, ketidakhadiran sejumlah anggota DPRD Kepri kemungkinan disebabkan masih sibuknya anggota DPRD menyusun laoran reses yang baru dilaksanakan.

"Hal ini berkaitan dengan penerapan E-Plening pada bulan April ini. Semua usulan sudah harus disampaikan untuk program APBD 2019. Jadwal sidang paripurna yang mepet membuat anggota DPRD kali ini banyak yang tidak hadir," ujarnya.

Secara aturan diakui Sahmadin, tidak hadir pada sidang paripurna bagi anggota DPRD tidak diperbolehkan dalam Tatib dan UU MD3. Hal ini akan menjadi perhatian BK ke depan.

"Secara aturan memang 3 kali anggota DPRD tidak hadir secara berturut-turut pada didang paripurna ada sanksinya, dan hal ini akan menjadi perhatian kami," ujarnya.

Berdasarkan data absensi sidang paripurna, berikut sejumlah nama-nama 29 anggota DPRD yang tidak hadir:
- Hj.Yuniarti Pustoko Weni
- Ery Suandi
- Widiastadi Nugroho
- Dr.Sahat Sianturi
- Saproni
- Ruslan
- Hj.Dewi Kumalasari
- Raja Bakhtiar
- Asmin Patros
- Joko Nugraho
- Surya Makmur Nasution
- Hotman Hutapea
- Syarifah Elvyzana
- Onward Siahaan
- Ririn Warsiti
- Wan Norman Edi
- Hanafi Ekra
- Asep Nurdin
- Ing Iskandar
- Danir Tan
- Alex Guspeneldi
- Hj.Susilawati
- Sahmadin Sinaga
- Sarafuddin Aluan
- Irwansyah

Editor: Yudha