Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

18 Perusahaan Ikut Tender Pengelolaan WTB Tembesi

Tahun 2019, BP Batam Adakan Lelang Terbuka Pengelolaan Air Baku di Batam
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 13-04-2018 | 13:04 WIB
lukita-dinarsyah-tuwo.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyatakan akan mulai lelang terbuka, untuk pengelolaan air baku yang ada di Batam, jelang akhir masa kontrak konsesi dengan PT Adhya Tirta Batam (ATB).

"Tahun depan kita akan kirimkan surat ke ATB sebagai pemberitahuan, kami akan lakukan tendering, dalam pengelolaan air baku," ujarnya, Jumat (13/04/2018).

Namun, saat ini pihaknya belum dapat memberitahuan perusahaan mana saja yang akan mengikuti tender yang dilakukan dengan sistem lelang terbuka tersebut. "Kalau untuk sekarang kita belum tahu perusahaan mana saja yang akan ikut tender, apakah nanti jadinya ATB berpatner atau nanti dikelola sendiri lagi," lanjutnya.

Untuk pengelolaan air baku sendiri, Lukita hanya dapat menjelaskan mengenai perkembangan tender untuk water treatment di Dam Tembesi. Hingga saat ini, sudah ada 18 perusahaan yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lelang pengelolaan air baku di Dam tersebut.

"Perusahaannya ada yang nasional, internasional, dan juga perusahaan lokal yang mengikuti tender lelang," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Director PT ATB, Benny Andrianto sempat memprediksi, dalam tender lelang proyek pengelolaan air baku akan ada 30 perusahaan lokal yang kemungkinan akan menjadi pesaing mereka. Di mana, investasi di bidang pengelolaan air baku sendiri, Benny membenarkan bahwa Batam masih memiliki potensi yang menakjubkan.

Tetapi, mengenai pengalihan status ATB menjadi Perusahaan Daerah Air Minum, Benny mengaku hal ini diluar dari domainnya.

Editor: Gokli