Gubernur Nurdin Minta Petugas Kebersihan Tegur Warga yang Buang Sampah ke Laut
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 10-04-2018 | 16:16 WIB
nurdin-kebersihan1.jpg honda-batam
Nurdin Basirun berbicang dengan petugas kebersihan laut. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur kepri H Nurdin Basirun selalu mengimbau agar lautan Kepri selalu bersih dari sampah. Karena itu dalam banyak kesempatan, dia selalu mengajak masyarakat menjaga kebersihan lautan. Apalagi yang berada di binir pantai dan dekat pelabuhan atau pelantar.

Malah saat melewati Pelantar I Tanjungpinang, pekan lalu, Gubernur Nurdin mengapresiasi petugas pembersih sampah di sekitar kawasan tersebut. Selain membersihkan, Nurdin mengimbau agar petugas 'membangkitkan kesadaran' masyarakat untuk menjaga kebersihan lautan.

"Tegur saja mereka yang membuang sampah di laut. Beri pemahaman dan kesadaran," kata Nurdin saat melewati Pelantar I Tanjungpinang. Nurdin memberi semangat petugas kebersihan laut tersebut.

Bagi Nurdin, laut Kepri yang luasnya 96 persen adalah sumber kehidupan. Yang paling rutin hadir dalam kehidupan sehari-hari adalah ketersediaan biota laut sebagai sumber protein.

Nurdin menyampaikan, lautan yang bersih akan mempengaruhi kehidupan biotanya. Jangan sampai sampah menganggu kehidupan biota dan ikut mengurangi jumlahnya.

Selain itu, potensi pariwisata juga ikut terganggu. Ketika sampah banyak yang mengapung di sekitar pelabuhan, dengan sendirinya mempengaruhi 'rasa' wisatawan. "Kita jagalah laut kita sulaya bersih dari sampah," kata Nurdin.

Nurdin juga mengimbau masyarakat untuk sadar dengan pentingnya kebersihan laut. Yang paling utama adalah masyarakat tidak membuang sampah ke laut.

Kesadaran dari masyarakat tersebut, kata Nurdin menjadi penting. Termasuk mereka yang tinggal di sekitar kawasan yang berbatasan dengan laut. "Kitalah menjaganya dengan memulai tidak membuang sampah ke lautan," kata Nurdin.

Editor: Yudha