Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Tanjungpinang Harapkan Mahasiswa Lingga Jadi Agen Perubahan
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 07-04-2018 | 17:04 WIB
ucok-mahasiswa1.jpg Honda-Batam
Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi menerima kunjungan Ikatan Mahasiswa Kabupaten Lingga di Kota Tanjungpinang (IMKL). (Foto: Roland)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan Ikatan Mahasiswa Kabupaten Lingga di Kota Tanjungpinang (IMKL) harus mampu menjadi agen Of Change (agen perubahan).

"Mahasiswa diharapkan tidak hanya menjadi agen of control tetapi haru dapat menjadi agen of change," ujar Ucok saat mengundang IMKL besilahturahmi di ruangan kerjanya di Mapolres Tanjungpinang, Sabtu (7/4/2018).

Ucok mengatakan memang untuk tahun lalu Polres Tanjungpinang masih ada tugas yang belum terselesaikan seperti pengungkapan kasus-kasus lainnya tetapi hal itu merupakan sebagai analisis untuk mengukur kinerja, bukan berarti kasus yang belum terungkap hilang tetapi akan diselesaikan pada tahun berikutnya.

"Apa yang disampaikan oleh adek-adek tadi bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan produktifitas Polres Tanjungpinang meningkat lagi," katanya.

Menurutnya yang paling diharapkan bukan pengungkapan kasusnya tetapi pola pencegahan kejahatan atau tindakan kriminilitasnya. Pencegahan kejahatan ini tidak bisa lepas dari peran semua elemen terutama peran dari mahasiswa sendiri.

"Semua masyarakat bisa berperan aktif, seperti pendekatan sosial dalam pencegahan ini apalagi dengan para mahasiswa tentunya," ucapnya.

Pendekatan sosial seperti ini artinya langsung bersentuhan dan kedekatan secara personal, seluruh permasalahan dikomunikasi agar dapat dicegah.

Di tempat yang sama, Norbariyansyah Ketua IMKL mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Tanjungpinang yang telah mengundang IMKL besilahturahmi dan mendengar seluruh ermasalahan-permasalahan yang sering terjadi di lingkungan mahasiswa.

"Kami di Tanjungpinang ada sebanyak 1.256 orang yang tersebar di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta," katanya.

Ia mengharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat memicu mahasiswa agar lebih bersemangat menjalankan fungsinya sebagai salah satu sosial kontrol di masyarakat.

Editor: Yudha