Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Diminta Diet Sosial Media
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-04-2018 | 17:28 WIB
ilustrasi-medsos1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi media sosial. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Masyarakat dingatkan agar hati-hati memanfaatkan sosial media. Ini dilakukan agar menghindari hal yang tak diinginkan.

Direktur Indonesia New Media Watch, Agus Sudibyo mengatakan masyarakat harus 'diet' gunakan media sosial."Artinya menggunakan (media sosial) seperlunya dan tidak berlebihan," kata Agus di Kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (7/4).

Direktur Komunikasi & Informasi Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto. Wawan juga mengingatkan agar pengguna media sosial tidak terlalu sering mengunggah aktivitas di media sosial. "Kita harus sadari jangan terlalu sering gunakan medsos untuk aktivitas-aktivitas," ucap Henri.

Wawan mengibaratkan media sosial seperti pedang bermata dua, di satu sisi bisa menguntungkan, namun di sisi lain juga membahayakan. Selain itu Wawan juga meminta agar masyarakat tidak terlalu sering memberikan informasi secara terbuka di media sosial.

Pasalnya, di zaman yang serba canggih, penyadapan serta penyalahgunaan data bisa saja dengan mudah dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Solusinya jangan terlalu open soal masalah apapun di media sosial, jangan terlalu open di dunia maya, kita harus cerdas berselancar di dunia maya," ucapnya.

Sumber: Republika
Editor: Dardani