Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersempana Hari Air Sedunia Ke-26

Pemprov dan Kajati Kepri Lakukan Penanaman Pohon di Dompak
Oleh : Charles Sitompul
Jumat | 06-04-2018 | 18:14 WIB
nurdin,-isdianto-dan-asri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sempena peringatan Hari Air sedunia ke-26 tahun 2018, Gubernur Nurdin Basirun bersama Wakil Gubernur Isdianto dan Kajati Kepri Asri Agung Putra, melaksanaka penanaman 1.000 pohon di kawasan Dompak, Tanjungpinang (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sempena peringatan Hari Air sedunia ke-26 tahun 2018, Gubernur Nurdin Basirun bersama Wakil Gubernur Isdianto dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Asri Agung Putra, melaksanaka penanaman 1.000 pohon di kawasan Dompak, Tanjungpinang, Jum'at (6/4/2018).

Penanaman Pohon di Pulau Dompak ini, merupakan upaya pemilihan Dompak dari kawasan gundul menjadi kawasan hijau.

Gubernur Nurdin mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri akan terus menggesa pembangunan di daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Ketersediaan infrastruktur yang memadai juga harus didukung dengan lingkungan yang baik.

"Kawasan Dompak ini adalah salah satu yang kita perhatikan pembangunannya. Karena Dompak ini akan kita jadikan ikonnya provinsi. Ini akan kita kembangkan secara terpadu. Kita akan segera membentuk badan khusus untuk mengembangkan Dompak ini," kata Gubernur.



Adapun yang terpenting, kata Nurdin, kesadaran masyarakat juga harus terus ditingkatkan dalam menjaga hasil pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Kajati Asri Agung Putra mengatakan bahwa salah satu bentuk untuk menambah rasio air bersih di bumi ini adalah dengan melakukan penghijauan secara terus-menerus.

"Penanaman pohon adalah upaya kita dalam menjaga ketersediaan air di bumi ini. Air ini kebutuhan vital, dan tanpa air akan menjadi fatal," kata Asri.

Asri melanjutkan, dipilihnya pulau Dompak untuk acara peringatan hari air sedunia 2018 menurutnya sangaat tepat. Karena Dompak sebagai kawasan yang akan direvitalisasi sebagai ikon ibukota. Salah satu unsur utamanya adalah ketersediaan air bersih.

"Posisi kami adalah ikut berperan dalam bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan pembangunan di daerah," lanjut Asri.

Senada dengan Asri, Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK), Irfandi Gustari, mengatakan pihaknya ikut andil dalam acara ini adalah bentuk kerja sama bersama pemerintah daerah.

Irfandi juga menjelaskan, terkait progres keuangan dari BRK, ia optimis kekuatan ekonomi Kepri akan terus menanjak seiring berjalannya waktu.

"Akhir tahun Insya Allah di Tanjungpinang akan dibuka cabang bank baru yakni Bank Syariah Kepri Riau," lanjut Irfandi.



Sementara itu, Kepala Dinas PU, Abu Bakar, menjelaskan bahwa penanaman pohon tersebut merupakan upaya Pemerintah untuk terus menghijaukan Pusat Pemerintahan Kepri di Pulau Dompak.

"Penanaman akan terus belanjut setiap 4-6 bulan akan ditanami terus hingga merata," kata Abu.

Ia melanjutkan, bagian Pulau Dompak yang masih banyak tanah merah dan gersang akan segera dihijaukan.

"Pak Gubernur terus mendorong penghijauan tersebut, kita telah bentuk UPTD khusus mengurus pulau Dompak agar lebih fokus," lanjut Abu.

Hadir pada penanaman pohon tersebut Sekretaris Daerah H TS Arif Fadilah, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, Asisten serta sejumlah Kepala OPD, Ketua DWP Provinsi Kepri Hj Rismarini Arif Fadillah, Ketua Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Sumatra Ismail Widadi beserta tamu undangan lainnya.

Editor: Udin