Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerjasama Dengan Pihak Ketiga

RSBP Batam Berencana Bangun Fasilitas Homecare dan Medical Tourism
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 06-04-2018 | 14:04 WIB
dirut-rsbp1.jpg Honda-Batam
Direktur RSBP Batam, Sigit Riyanto. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam akan membangun fasilitas homecare dan Medical Tourism di Batam. Sudah ada dua investor asal singapura yang tertarik bekerjasama mengembangkan sistem ini di Batam.

"Kami sudah bertemu dengan Menteri Kesehatan soal rencana ini. Beliau sudah setuju RSBP dikembangkan menjadi medical tourism dan perawatan lansia," ujar Direktur RSBP Batam, Sigit Riyanto.

Dalam konsepnya, Medical Tourism memungkinkan pasien melakukan medical chek up sekaligus berwisata di Batam. Sementara homecare sistem nantinya memungkinkan Lansia dari sejumlah negara menetap dalam waktu panjang, dengan layanan seperti hotel.

Batam ingin mengembangkan konsep ini karena punya keunggulan dibanding dengan negara tetangganya Malaysia dan Singapura. Salah satunya adalah mengenai harga yang relatif lebih murah, dengan pelayanan yang tak kalah baik dibanding dengan kedua negara tersebut.

Investor asal Singapura yang disebut Sigit juga melihat peluang tersebut. Dari hasil perbincangannya dengan investor tersebut dipaparkan, akan banyak Lansia Singapura yang berminat untuk mengikuti program homecare di Batam.

Kesibukan yang tinggi di Singapura dan Malaysia membuat Lansia di negara tersebut kurang mendapat perhatian khusus. Sehingga mereka butuh tempat beristirahat yang bisa memberikan perhtian 24 jam kepada mereka. Termasuk layanan tanggap untuk kesehatan mereka. "Batam akan menyediakan fasilitas tersebut," ujarnya.

Selain Singapura, target market lainnya adalah Korea Selatan dan Jepang. Lansia di negara 4 musim tersebut cenderung mencari tempat layanan Homecare di negara-negara tropis, khususnya saat musim dingin tiba.

Negara tropis jadi pilihan utama karena memberikan kualitas udara dan iklim yang lebih nyaman dan sehat bagi Lansia. Batam menjadi salah satu bagian dari negara tropis yang bisa menyediakan fasilitas tersebut.

Sejumlah tempat di Batam masih asri, sehingga cocok dikembangkan untuk kebutuhan tersebut. Lahan yang lebih luas dan jauh dari hiruk pikuk kota menjadi salah satu faktor yang membuat Batam akan diminati dalam bisnis ini.

"Salah satu tempat yang ditawarkan adalah wilayah Sekupang. Lokasinya ideal karena lingkungannya yang memadai. Lebih unggul dari Malaysia dan Singapura karena lebih tenang," jelasnya.

Pola kerjasama yang ditawarkan RSBP Batam kepada inestor nantinya adalah kemitraan. RSBP akan Investor membangun homecare dekat wilayah RSBP. Sementara semua pelayanan medis untuk lansia yang ada di Homecare akan ditangani oleh RSBP.

"Jika lokasi homecare dekat dengan rumah jadi gampang. Kalau ada yang butuh pelayanan medis, bisa langsung datang ke rumah sakit, atau tenaga medis yang datang ke homecare," paparnya.

Editor: Yudha