Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 7 Bau Badan yang Perlu Diwaspadai
Oleh : Redaksi
Jumat | 06-04-2018 | 12:28 WIB
bau-1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setiap manusia memiliki aroma alami yang khas dan unik. Beberapa aroma yang keluar dari tubuh hanyalah sebagian dari aroma tubuh alami Anda.

Tetapi, ada beberapa bau buruk yang benar-benar dapat berbicara banyak tentang kesehatan Anda.

Menurut sebuah penelitian di Swedia, beberapa penyakit sebenarnya dapat menghasilkan bau yang unik dan berbeda. Jadi, berikut adalah beberapa aroma atau bau badan yang seharusnya tidak Anda abaikan.

1. Napas berbau buah-buahan

Ini bisa menjadi tanda diabetes atau DKA yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan insulin dan lonjakan gula darah Anda. Ketika tubuh Anda tidak dapat menciptakan energi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik, tubuh akan memecah asam lemak sebagai bahan bakar.

Ini menciptakan penumpukan zat kimia asam yang disebut ketones dalam darah Anda. Salah satu asam yang disebut aseton dapat meninggalkan bau buah di dalam napas Anda. Efek DKA bisa mematikan.

2. Bau kaki

Jika Anda pernah melihat kulit kering, bersisik di sekitar jari-jari kaki Anda atau tanda kemerahan dan lecet, maka Anda mungkin memiliki kaki seorang atlet. Ini dapat menyebabkan kaki Anda mengeluarkan bau busuk, yang disebabkan oleh kombinasi bakteri dan jamur yang mengikis kulit dan kaki Anda.

Menggaruk jari-jari kaki Anda dapat menyebarkan jamur ke bagian tubuh lain seperti ketiak atau selangkangan Anda.

3. Bau busuk saat BAB

Gejala Intoleransi Laktosa Ketika usus kecil Anda tidak menghasilkan cukup enzim yang disebut laktase, itu tidak dapat mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu.

Usus kecil Anda mengarahkan laktosa langsung ke usus besar Anda, bukan aliran darah Anda, di mana bakteri usus memfermentasi. Hal ini dapat menyebabkan feses yang busuk dan berbau busuk serta menyebabkan kembung dan bau gas.

4. Urin Bau

Gejala UTI Infeksi Saluran Kemih (ISK) dapat menghasilkan urin berbau tajam. Ini terjadi ketika bakteri, paling sering E. coli, masuk ke saluran kemih dan uretra Anda.

Kemudian bakteri bergerak menuju kandung kemih Anda, menyebabkan infeksi. Infeksi saluran kemih paling sering terjadi pada wanita karena uretra mereka lebih pendek.

Jadi, jika Anda memperhatikan bau kencing, segera kunjungi dokter Anda.

5. Bau mulut

Gejala Sleep Apnea. Sleep Apnea adalah gangguan yang menyebabkan napas Anda tiba-tiba berhenti dan mulai saat Anda tidur. Hal ini dapat menyebabkan dengkuran yang berlebihan, menyebabkan Anda bernapas melalui mulut, sepanjang malam.

Hal ini menyebabkan mulut Anda sangat kering, yang merupakan penyebab umum bau mulut dan ini memungkinkan bakteri berkembang biak dengan lebih mudah.

Ketika bakteri mulai berkembang biak, mereka menghasilkan gas sulfur yang dapat mengeluarkan bau busuk.

6. Bau amis dari organ kewanitaan

Setiap wanita memiliki bau organ kewanitaan yang berbeda, dan itu berubah selama waktu yang berbeda setiap bulan. Namun, jika Anda melihat bau amis yang persisten, Anda harus pergi ke dokter untuk perawatan.

Bau amis dari organ kewanitaan bisa menunjukkan kondisi yang disebut vaginosis bakteri yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri yang terjadi secara alami di vagina.

7. Bau nafas yang terus-menerus

Setiap orang menderita dengan bau mulut setelah makan makanan tertentu seperti bawang. Tetapi, jika Anda merasa lebih sering bernafas buruk, Anda harus mempertimbangkan mengunjungi dokter.

Ada beberapa kondisi seperti kebersihan mulut yang buruk misalnya, yang dapat menyebabkan bau mulut seperti gigi berlubang, penyakit gusi, infeksi sinus atau masalah hidung lainnya.

Sumber: Boldsky.com | Bisnis.com
Editor: Gokli