Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Sederhana Agar Terhindar dari Penyakit Diabetes
Oleh : Redaksi
Senin | 02-04-2018 | 14:52 WIB
diabetes11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mudah menyerang. Biasanya penyebabnya yakni dari makanan manis atau makanan tidak sehat lainnya.

 

Selain mengurangi asupan yang bisa memicu diabetes, ternyata ada cara lain yang bisa kita lakukan.
Cara lain tersebut yakni dengan cara menggosok gigi.

Dengan adanya hal ini, ternyata gosok gigi tidak hanya membuat penampilan gigi kita bersih dan nafas menjadi segar tapi juga bisa menurunkan risiko diabetes.

Melansir TribunStyle.com dari laman metro.co.uk, ternyata menggosok gigi dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, kata dr Mark Hughes dari Harley Street Dental Studio.

Dr Hughes mengatakan bahwa bakteri yang terkumpul di mulut bisa saja masuk ke aliran darah melalui kapiler darah yang ada di gusi. Hal tersebut bisa menimbulkan penutupan aliran darah di arteri.

Penyumbatan tersebut akhirnya membuat banyak sekali masalah kesehatan, satu di antaranya adalah diabetes.

Dengan menyikat gigi, kita bisa menghilangkan bakteri yang ada di mulut, sehingga kemungkinan untuk menimbulkan penyumbatan yang pada akhirnya membuat masalah kesehatan pun berkurang.

"Penelitian menunjukkan bahwa bakteri bisa menyebabkan penyakit gusi," ungkap dr Hughes.

"Pembengkakakn di gusi menyebabkan terbukanya kapiler, yang akhirnya terjadi pendarahan. Bakteri yang ada di mulut akhirnya masuk ke aliran darah, yang menyebabkan plak di arteri dan saluran darah," terangnya.

"Ada banyak lagi penelitian yang menunjukkan adanya keterkaitan antara kesehatan mulut dan kesehatan tubuhmu seluruhnya.

"Penyakit kardiovaskular, diabetes, Alzheimer, kelahiran prematur. Ada banyak studi yang mengaitkannya ke kesehatan gigi," ujarnya.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha