Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rafiq Kembali Ingatkan Masyarakat Karimun Jangan Buang Sampah di Laut
Oleh : Wandy
Sabtu | 24-03-2018 | 14:38 WIB
aunur-rafiq1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Karimun Aunur Rafiq. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kebersihan. Pihaknya akan mensosialisasikan serta menurunkan tim kebersihan.

Selain itu pihaknya juga mengerahkan tim untuk membersihkan sampah di bibir pantai.

"Kita sudah memberikan imbauan kepada masyarakat agar jangan buang sampah di laut, karena ketika air surut maka sampah akan menumpuk di bibir pantai," kata Rafiq, Sabtu (24/3/2018)

Dia mengatakan, namun hal tersebut akan dilakukan secara berkala untuk membersihkan bibir pantai dengan bergotong royong.

"Kemarin sudah kita lakukan dan dibantu oleh Danlanal Tbk bergotong royong untuk membersihkan sampah di bibir pantai," katanya

Rafiq berpesan bagi masyarakat Karimun khususnya di sepanjang pesisir pantai dari jalan Teuku Umar sampa Meral baik buanglah sampah di tempat yang telah disediakan.

Mari kita hidup dengan budaya bersih, karena bersih sebagian dari iman, serta jadikan bersih ini dari budaya, kalau sekarang bersih sebagian dari tradisi.

"Kalau nanti sudah turun menurun, ini akan menjadi budaya bagi kita, bukan tradisi lagi tentang hidup bersih," ujarnya.

Peraturan Daerah (Perda) tentang membuang sampah sembarangan akan segera diberlakukan di Kabupaten Karimun. Dimana saat ini hal tersebut masih dalam tahap sosialisasi.

"Secepatnya akan kita terapkan, kalau dapat jangan ada unsur paksaan namun adanya kesadaran. Karena kalau sudah adanya sangsi artinya sudah paksaan. Tapi kalau tidak bisa, apa boleh buat, hukuman tipiring atau denda, harus diterapkan perda itu," tutup Rafiq.

Editor: Yudha