Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Viral Tulis BFF di Status Facebook Ternyata Hoax, Ini Faktanya
Oleh : Redaksi
Jumat | 23-03-2018 | 20:02 WIB
akun-fb.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Salah satu yang muncul di akun fb saat menuliskan BFF (Foto: fb)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dalam sepekan ini viral di media sosial Facebook tentang BFF di status Facebook. Ini merupakan cara mengecek apakah akun Facebook kita diretas. Di Indonesia, unggahan viral tersebut tertulis:

"Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun Anda aman di Facebook. Ketik BFF di komentar, jika terlihat hijau, akun Anda dilindungi. Jika tidak muncul warna hijau, segera ubah sandi Anda karena sangat mungkin diretas oleh seseorang. #copied."

Namun, benarkah demikian? Tidak. Ini berita bohong alias hoax. Teks "BFF" yang Anda tulis otomatis akan berubah menjadi warna hijau. Menurut laman Technave.com, ini merupakan sistem Facebook yang disebut Text Delight.

Fitur ini akan secara otomatis mengubah warna beberapa teks menjadi hijau. Tak hanya BFF, ada juga "Rad", "LMAO", "Congratulations", dan "You Got This".

Lantas, kenapa ada akun Facebook yang menuliskan ini tapi tidak berubah menjadi warna hijau atau tetap hitam? Penyebabnya bukan masalah keamanan, melain versi browser Anda. Kalau masih versi lama, tentunya belum bisa.

Sumber: Tempo.com
Editor: Udin