Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPOM Tarik 3 Merek Sarden dari Swalayan di Karimun
Oleh : Wandy
Jumat | 23-03-2018 | 10:25 WIB
tarik-sarden-di-swalayan7.jpg Honda-Batam
BPOM beserta Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun dan Dinas Kesehatan menyidak seluruh Swalayan di Karimun (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Tiga merek sarden yakni Farmerjack, IO dan Hoki ditarik oleh Badan Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) dari swalayan-swalayan di Karimun.

Penarikan tersebut dilakukan karena dari ketiga merek sarden tersebut berdasarkan hasil uji laboratorium dinyatakan teridentifikasi mengandung parasit anaskis.

"Penarikan telah dilakukan oleh BPOM, di mana sasarannya seluruh swalayan dan toko yang menjual makanan khususnya sarden. Dan kita (Disdagkop, UKM dan ESDM) bersama Dinas Kesehatan hanya melakukan pendampingan," kata Kadis Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Muhammad Yosli, Jum'at (24/3/2018).



Petugas BPOM di samping melakukan penarikkan, mereka juga melakukan pemusnahan secara langsung dengan cara membuka atau merusak kaleng-kaleng sarden yang mengandung parasit berbahaya tersebut.

"Sebab yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal tersebut adalah BPOM," terang Yosli.

Di samping itu, Yosli juga akan melakukan pengawasan terkait barang-barang di pasaran yang dapat membahayakan masyarakat. "Kita tidak mau ada lagi yang beredar di Karimun," tegasnya.



Selain menarik ketiga merek sarden tersebut, BPOM juga melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang di pasaran yang terindikasi tidak memiliki izin edar. Jika ditemukan, petugas juga langsung melakukan penarikan.

"Tidak hanya sarden saja, tapi barang yang tidak ada izin edar akan langsung kita tarik," terang Yosli.

Editor: Udin