Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wow, Kini Buah Naga Bisa Dibuat Snack
Oleh : Suci Rahmadani
Selasa | 20-03-2018 | 19:38 WIB
buah-naga-risol.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pemilik Zore cafe, Yolanda (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Buang Naga, yang selama ini diketahui orang sebagai pencuci mulut setelah makan, kini dibuat snack atau makanan ringan.

Zore Cafe yang berada setelah Jembatan Empat Barelang ini misalnya, menyuguhkan Buah Naga yang dikemas sedemikian rupa hingga menjadi risol. Rasa nikmat di lidah belum hilang meskipun risol tersebut habis di tangan. Bahkan, tanpa disadari akan menjilati satu demi satu jari jemari Anda sendiri.

Pemilik Zore cafe, Yolanda, menjelaskan risol yang biasanya kita ketahui terasa gurih dan asin. Namun kali ini risol hadil olahannya terasa gurih dan manis, karena bercampur Buah Naga yang dijadikan sepertu selai.

"Untuk kulit risol dibuat seperti biasanya, dan yang berbeda adalah inti di dalamnya. Buah naga yang dibuat layaknya selai, sedikit kental dan tetap dijaga tektur warna dan biji hitam dari buah naga tersebut," katanya, Selasa (20/3/2018).

Inti di dalamnya lumer, terutama saat dikunyah. Terasa seimbang dengan kulit risol yang asin dan gurih. Apalagi saat dinikmati dalam keadaan hangat. Terasa kriuk di luar dan lembut di dalamnya.

"Tips untuk membuat ini baiknya menggunakan buah naga yang asli dari Barelang, karena warnanya lebih merah dan juga sedikit lebih manis," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, snack olahan dari Buah Naga ini akan dijadikan oleh-oleh khas Batam. Sebab Buah Naga mudah ditemukan di berbagai tempat di Batam. Selain itu, Buah Naga adal Batam memiliki warna dan rasa yang tidak sama dengan daerah lain.

Pemilik akun facebook Zore Cafe ini juga mengatakan, Buah Naga juga bisa dijadikan risol dengan isi yang asing, yang mana bisa ditambahkan dengan potongan daging ayam, keju, dan kentang.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba risol buah naga, bisa kunjungi Barelang Jembatan 4. Ayo rasakan sensasinya sembari menikmati suasana kebun buah naga yang dingin, yang mengelilingi zore cafe tersebut.

Resep Risol Buah Naga:

Bahan Kulit Risoles:

1 kg tepung terigu
1 liter susu cair
8 butir telur
Garam secukupnya

Untuk Isiannya:

1 1/2 kg buah naga
1 kg gula pasir
Kayu manis secukupnya

Cara Pembuatan:

1. Mixer adonan kulit risoles sampai mengental
2. Siapkan teflon untuk membuat kulit risoles, usahakan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis
3. Blender buah naga hingga halus
4. Masak buah naga, kayu manis bersama gula dan air secukupnya.
5. Masak selai buah naga hingga mengental. Sisihkan
6. Siapkan selembar kulit risoles, masukan isian buah naga. Lipat berbentu memanjang atau sesuai selera
7. Rekatkan sisinya dengan putih telur. Lalu lumuri dengan tepung panir
8. Goreng risoles dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan.

Editor: Udin