Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinjau Progres Pembangunan Pulau Dompak

Nurdin Tegaskan Semua yang Dicari Harus Ada di Pulau Dompak
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 20-03-2018 | 18:15 WIB
nurdin-tinjau-lokasi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, melakukan peninjauan progres pelaksanaan pembangunan penataan Pulau Dompak, Selasa (20/3/201) (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengatakan akan menjadikan areal pusat Pemerintahan Provinsi Kepri di Istana Kota Piring-Dompak menjadi kawasan yang lengkap. Bahkan semua yang dicari dapat ditemukan masyarakat di Dompak.

Nurdin mengatakan, Istana Kota Piring Pulau Dompak diharapkan tidak hanya sebagai lokasi pusat pemerintahan yang ditujukan memberi pelayanan publik pemerintahan pada masyarakat. Tetapi juga menjadi wisata bahari, agama, olahraga, kebudayaan dan lainnya.

"Dompak akan menjadi destinasi baru dan ciri khas Kota Tanjungpinang sebagai pusat pemerintahan. Semua yang dicari ?harus ada dan dapat ditemukan di Dompak," ujar Nurdin saat melakukan peninjauan progres pelaksanaan pembangunan penataan Pulau Dompak, Selasa (20/3/201).

Peninjauan pertama Nurdin dilakukan di kawasan bundaran tugu Provinsi. Di sana Nurdin didampingi Kepala Dinas PU Abu Bakar dan memerintahkan pihak PU untuk terus menghijaukan kawasan setempat.

"Rencananya hari ini akan disupplay 1.000 batang pohon yang siap ditanami," kata Indra mewakili Dinas PU.

Kemudian Nurdin bergerak menuju kawasan Jembatan I Dompak. Di sana Nurdin dengan berjalan kaki menulusuri tepi jalan jembatan hingga sampai ke tengah jembatan.

Di sana Nurdin ingin kawasan pejalan kaki ditambah kursi santai dan gerobak makan. Agar tidak kosong dan terbengkalai, yang akan menyebabkan tempat tersebut menjadi kumuh.

"Kenyamanan masyarakat harus diutamakan," lanjut Nurdin.



Alasan penempatan kursi dan gerobak makanan untuk berjualan, kata Nurdin, adalah untuk menghidupkan ekonomi masyarakat.

"Jadi semua di Pulau Dompak dapat dimanfaatkan dengan baik," katanya lagi.

Untuk kawasan di bawah jembatan, Nurdin ingin disulap sedemikian rupa untuk wisata kuliner, direklamasi sedikit tanpa merusak kawasan hijau, dibuat panggung serbaguna, di depan untuk kawasan lomba jetski atau kano.

Terakhir, Nurdin menuju ke kawasan pembangunan wisata olahraga. Di sana rencananya akan dibangun stadion sepakbola, GOR Indoor dan treck untuk racing motor dan motor cross.

"Atur kontur tanah di sekitar agar kenyamanan wisata olahraga tidak terganggu," kata Nurdin.

Ikut pada peninjauan tersebut Staf Ahli Gubernur Syamsuardi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maifrizon, Kepala Dinas Perdagangan Burhanuddin, Kepala Biro Humprohub Nilwan dan Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi.

Editor: Udin