Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awas, Peretas Incar Kamera CCTV
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-03-2018 | 11:27 WIB
cctv-peretas.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Vendor pengamanan IT global Kaspersky Lab telah menemukan pola serangan para peretas untuk melakukan pemantauan terhadap calon targetnya yaitu dengan membobol keamanan kamera CCTV agar peretas dapat memantau aktivitas calon target di rumah maupun di kantor.

Kepala Grup Peneliti Kapspersky Lab ICS CERT, Vladimir Dashchenko mengungkapkan peretas biasanya memanfaatkan kerentanan keamanan pada kamera CCTV guna mendapatkan akses pemantauan jarak jauh berbagai aktivitas calon targetnya sekaligus menonaktifkan perangkat kamera tersebut dari jarak jauh.

Menurutnya, kamera CCTV yang menggunakan layanan cloud dinilai tidak aman dan lebih banyak mendapatkan gangguan dari para peretas.

Peretas yang mengetahui nomor seri kamera dapat lebih mudah untuk melakukan peretasan dan untuk mendapatkan nomor seri kamera tersebut peretas hanya perlu menyerang 'brute force' yang sederhana karena sistem kamera tidak memiliki proteksi terhadap serangan 'brute force'.

"Berdasarkan hasil temuan kami, kamera ternyata bisa berkomunikasi dengan dunia luar melalui layanan cloud dan ini benar-benar rentan," tuturnya, Selasa (20/3/2018).

Dia menyarankan agar pengguna kamera CCTV mengganti kata sandi yang kompleks secara rutin dan melakukan pembaruan perangkat agar tidak mudah dibobol peretas. Selain itu, pelajari keamanan kamera dengan baik yang biasanya tersedia berbagai informasi secara online.

"Selalu mengganti 'password default'. Gunakan yang kompleks dan jangan lupa memperbaruinya secara teratur," katanya.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli