Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usulkan 622 CASN, Tanjungpinang Kemungkinan Bisa Dapat 50-100 Saja
Oleh : Habibi Khasim
Sabtu | 17-03-2018 | 13:45 WIB
riono-sekda-tpi-2.jpg Honda-Batam
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang telah lama mengusulkan permintaan penambahan aparatur sipil negara (ASN).

Sebanyak 622 orang usulan yang diajukan Pemko Tanjungpinang ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk diteruskan melalui tes calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau biasa di sebut CPNS. Meski kebutuhan segitu banyak, Pemko Tanjungpinang malah diklaim hanya bisa mendapat jatah sebanyak 100 orang saja.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono saat dihubungi, Sabtu (17/3/2018). Menurut Riono usulan CASN memang gampang, tetapi Menpan-RB tidak serta Merta bisa menerima semuanya.

"Makanya saya bilang, meski kita ajukan 622 orang, ya mungkin bisa dapat hanya 100, bahkan bisa juga 50 orang," kata Riono.

Itu dikarenakan banyak pertimbangan dari Menpan-RB terhadap Pemerintah Daerah. Paling utama adalah tentang postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungpinang.

"Ini harus dihitung bahwa kita bisa menerima berapa orang, misalnya kita minta 622 CPNS, maka dihitung mereka APBD kita cukup atau tidak. Jadi bisa saja yang diterima 50 ataupun 100 orang, karena kemampuan APBD kita cuma segitu," terang Riono.

Menurutnya, pengangkatan CPNS yang ada nanti tidak akan menambah jumlah PNS, akan tetapi mengganti posisi PNS yang sudah pensiun, meninggal atau diberhentikan.

Editor: Gokli