Ini Penjelasan Soal Kerusakan Cafe Universe Simpang Gelael
Oleh : Romi Candra
Selasa | 13-03-2018 | 17:26 WIB
kerusakan-cafe.jpg honda-batam
Polisi sedang melakukan olah TKP kerusakan Cafe Universe Simpang Gelael Batam. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kerusakan yang terjadi pada Cafe Universe, samping Sidney Hotel, Simpang Gelael Sei Panas Batam, diduga akibat tekanan gas dari ruang dapur.

 

Kapolsek Batam Kota, Kompol Firdaus, mengatakan, informasi yang didapat pihaknya dari chif sekuriti hotel Sidney, Rizal, kejadian sekitar pukul 09.00 WIB.

"Sekuriti hotel mendengar ada bunyi benda jatuh sangat keras dari cafe, kemudian dicek sudah berantakan," ungkap Firdaus, Selasa (13/3/2018).

Kemudian sekuriti masuk ke dalam untuk memastikan. Dari dalam dapur, nampak ada api dan langsung dipadamkan dengan racun api.

Baca: Diduga Akibat Ledakan, Cafe Universe Simpang Gelael Batam Centre Hancur Berantakan

"Jadi tidak ada ledakan, tapi tekanan gas. Ruangan itu tertutup dan dipasangi AC. Api namoak di dapur dan dipadamkan dengan racun api," tambah Firdaus.

Sementara Chif Sekuriti Hotel Sidney, Rizal, mengatakan, saat kejadian ia bersama anggotanya tengah minum kopi di warung Kopotiam Hotel, dan kemudian mendenfar bunyi benda jatuh sangat keras.

"Kami lihat cafe ini sudah berantakan semua. Awalnya kami pikir ada korsleting, tapi ternyata dari dapur ada api yang menyala pada kompor," terangnya.

"Kami tidak melihat ada tabung racun api, sehingga kami memadamkan dengan tabung punya hotel. Ada lima tabung tadi kami gunakan," lanjutnya.

Namun, setelah dipadamkan, api kembali muncul. "Tadi ada satu karyawan kami tanya, asal gas dari mana, mereka menjawab tabung gas ada di bagian belakang ruangan. Begitu gas dimatikan, api juga mati," jelasnya.

Namun pantauan di lokasi, pihak dari cafe terus tertutup dan tidak mau memberikan keterangan. Bahkan mereka marah pada sekuriti hotel yang membantu pemadaman. Kemungkinan besar ada upaya kesengajaan yang dilakukan sehingga nantinya bisa melakukan claim asuransi jika cafe sudah ludes terbakar.

Untuk proses penyelidikan, kepolisian akhirnya memasang garis polisi pada lokasi.

Sebelumnya, Cafe Universe yang berada di samping Sidney Hotel, Simpang Gelael hancur berantakan. Informasi awal yang didapat, di lokasi sempat terdengar bunyi ledakan, Selasa (13/3/2018).

Pantauan di lokasi, seluruh kaca jendela dan lampu yang terpasang di cafe tersebut pecah.

Editor: Dardani