Buruh Turun ke Jalan, Lalu Lintas di Batuaji Macet Total
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 13-03-2018 | 11:26 WIB
buruh-padat.jpg honda-batam
Ribuan buruh saat memadati ruas Jalan R Suprapto, Batuaji pada Selasa (13/3/2018) pagi. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ruas Jalan R Supropto simpang Basecamp, Batuaji macet total pada Selasa (13/3/2018) sejak pukul 10.30 WIB. Itu kerena ribuan buruh berkonvoi untuk melakukan unjuk rasa menuntut hak mereka ke Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) di Sekupang.

Mereka menuntut diberlakukannya Upah Minimum Sektoral (UMS).

Semua kendaraan yang melintas di jalan tersebut tidak bisa bergerak cepat. Sedangkan ratusan sepeda motor buruh yang beriring-iringan memadati jalan raya.

"Sudah sekitar 20 menit ini kami hanya bisa bergerak sedikit. Jalan dipenuhi buruh," ujar Nedi seorang pengendara, Selasa.

Di sejumlah persimpangan dan ruas jalan tampak anggota kepolisian sibuk mengatur agar kemacetan bisa terurai. Buruh juga diminta mengendarai kendaraan bermotor secara tertib.

"Susah mau bergerak. Macetnya parah. Semua tidak bisa maju," ujar Ani pengendara sepeda motor lainnya.

Ribuan buruh sejak pagi tadi sudah turun berarak-arakan di sejumlah jalan utama kawasan industri Batam. Mulai dari Simpang Dam depan kawasan industri Panbil menuju ke Batuaji.

Kendaraan umum lain juga ikut terjebak macet di sana, sebab buruh yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat memenuhi badan jalan persis di simpang Panbil.

Editor: Gokli