Dijadikan Lantai II dan Punya Ruang Khusus Bersalin

Tahun Ini, Dinkes Tanjungpinang Renovasi Puskesmas Tanjung Unggat
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 13-03-2018 | 09:02 WIB
rustam-tpi.jpg honda-batam
Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Puskesmas di Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang tahun ini akan direnovasi. Anggaran untuk merenovasi Puskesmas tersebut sebanyak Rp4 miliar bersumber dari Alokasi Dana Khusus (DAK).

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam menyampaikan, Pemerintah Pusat sudah mengalokasikan DAK sebanyak Rp4 miliar. Dana ini, akan digunakan untuk merenovasi dan menjadikan Puskesmas di Tanjung Unggat berlantai dua.

Selain menambah fasilitas pelayananan kesehatan, di Puskesmas itu juga bakal ada ruang khusus bersalin.

"Tetapi tidak ada ruang rawat inap seperti Puskesmas KM 10, cuma ruang bersalin dan penambahan ruang operasional saja nanti," kata Rustam, Senin (12/3/2018).

Rustam mengaku tidak hafal tentang item yang akan dilakukan pengembangan di Puskesmas tersebut. Namun, untuk garis besarnya, kata dia, akan dilakukan pengembangan untuk Puskesmas tersebut.

"Saat ini sedang dilakukan audit oleh BPK dan Inspektorat, karena biar aman sebelum dilelang. Kita target pelelangan pada akhir bulan ini," tutur Rustam.

Sementara itu, finalnya, masyarakat akan merasakan fasilitas baru di Puskesmas tersebut pada Oktober 2018. Untuk sementara saat dikerjakan, Puskesmas akan dipindahkan di sebuah rumah toko (Ruko) di kawasan Jalan Sultan Machmud, Tanjung Unggat.

"Ruko sudah dapat, sudah kita sewa, tinggal pindah saja nanti saat proyek ini dikerjakan," kata Rustam.

Editor: Gokli