Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Smartphone Anda Tak Berat, Ini Aplikasi yang Perlu Dihapus
Oleh : Redaksi
Senin | 12-03-2018 | 11:02 WIB
ponsel-lemot.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Aplikasi smartphone sejatinya bisa membuat pekerjaan Anda lebih lancar. Tetapi, tidak sedikit aplikasi yang malah membuat hape kita error, bikin berat, atau bahkan sangat menguras baterai.

Kalau hal itu terjadi pada ponsel Anda, tampaknya harus ada aplikasi yang dihapus.
Berikut daftar aplikasi yang wajib Anda hapus kalau ponsel Anda mulai terasa berat, seperti dilansir laman androidpit.com:

1. Aplikasi Bawaan

Saat ini, tampaknya hampir semua brand smartphone menyediakan aplikasi bawaan, seperti game atau untuk bekerja, bahkan media sosial. Seringnya aplikasi ini tidak terpakai dan malah menambah beban handphone.

Tidak sedikit pula yang tidak bisa dihapus. Kalau menemui aplikasi yang seperti itu, coba Anda buka ikon info aplikasi (appp drawer yang dimaksud). Anda pilih atau deactivated.

2. Antivirus

Play Store dan sistem operasi Android sebetulnya bisa menjalankan perintah ini. Sebelum masuk ke Play Store, Google pastinya terlebih dahulu akan melakukan filtering awal.

Antivirus akan berguna kalau Anda mengunduh program yang belum terdaftar di Google. Biasanya ini berbasis file APK. Kalau jarang mendonwload selain dari Play Store lebih baik uninstall aplikasi semacam ini.

3. Aplikasi Agar Hemat Baterai

Satu hal: aplikasi pasti akan memakan RAM dan menggunakan baterai ponsel agar bisa dijalankan. Suatu hal yang mustahil jika sebuah aplikasi mampu menghemat baterai Anda. Sebaliknya, malah akan jadi beban.

4. Penghemat RAM

Sama seperti aplikasi penghemat baterai, penghemat RAM sebetulnya sangat tidak berguna. Alih-alih menghemat RAM, malah akan mengurangi kinerja aplikasi lain. Dan tidak menutup kemungkinan aplikasi yang kerap Anda gunakan.

5. Aplikasi Pembersih

Fungsi aplikasi ini sebetulnya sudah ada di sistem Android. Caranya, buka "Setting" -> "Storage" -> pilih "Clear Cache" -> "Ok". Cache yang tidak penting di seluruh hape akan terhapus.

Untuk cache di masing-masing aplikasi juga ada caranya: "Setting" -> "Apps" -> "Downloaded" -> pindah ke halaman selanjutnya - pilih "Clear Cache".

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli