Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Raja Salman akan Bagun Stadion Megah untuk Irak
Oleh : Redaksi
Senin | 12-03-2018 | 10:14 WIB
arab-irak-1.jpg Honda-Batam
Timnas Arab Saudi kalah 1-4 dari Irak dalam laga uji coba pada akhir Februari lalu. (REUTERS/Faisal Al Nasser)

BATAMTODAY.COM, Batam - Raja Salman bin Abdul Aziz dari Arab Saudi akan memberikan hadiah berupa stadion berkapasitas 135 ribu kursi kepada Irak. Stadion tersebut juga akan menjadi stadion terbesar di dunia.

Irak mendapat hadiah tersebut setelah timnas mereka mengalahkan Arab Saudi dengan skor 4-1 di hadapan 65 ribu penonton di Stadion Basra Sport City pada 28 Februari 2018.

Dilansir dari The Sun pada Minggu (11/3), sebelum pertandingan persahabatan itu, Raja Salman berjanji akan membuatkan sebuah stadion megah bila timnas Irak mengalahkan Arab Saudi.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan ia mendapatkan kabar langsung dari Raja Salman tentang pembuatan stadion tersebut.

"Saya menerima sebuah sambungan telepon dari Raja Salman bin Abdul Aziz. Dia memberi selamat atas kemenangan Irak adalam pertandingan persahabatan, dan mengekspresikan kesiapan serta komitmen untuk memperluas hubungan positif antara Irak dan Arab Saudi di tingkatan yang berbeda," kata Al-Abadi.

"Hubungan ekonomi, komersial, komunal, kultural, di semua tingkat yang menjadi kepentingan kedua negara [Irak dan Arab Saudi]. Dia juga menawarkan kontribusi Arab Saudi untuk membuat stadion utama di Irak yang bisa mengakomodasi 100 ribu orang," Al-Abadi menambahkan.

Adapun stadion sepak bola terbesar di Irak saat ini yang menjadi lokasi pertandingan persahabatan itu, hanya memiliki kapasitas 65 ribu penonton.

"Kami menyambut inisiatif tersebut [pembuatan stadion] dan hal itu sudah disampaikan ke kabinet pemerintahan Irak," ucap Al-Abadi.

Laga persahabatan Irak melawan Arab Saudi tersebut merupakan yang pertama sejak invasi Kuwait pada 1990, yang memicu embargo internasional.

Dalam kemenangan 4-1 itu, gol-gol Irak tercipta berkat bunuh diri bek Arab Saudi Saeed Al Yami menit ke-21. Penyerang Irak Emad Mohsin mencetak gol menit ke-47, dan dua gol dari penyerang Irak Muhanad Ali (ke-51 dan 71).

Sedangkan satu-satunya gol Arab Saudi disumbang Hassan Muath Fallatah pada menit ke-57.

Sumber: CNNIndonesia.com
Editor: Gokli